Friday, July 11, 2014

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran IPA


K13
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran IPA
1.          Kompetensi Inti ( KI )

Kompetensi inti dirancang seiring dengan meningkatnya usia peserta didik pada kelas tertentu. Melalui kompetensi inti, integrasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada kelas yang berbeda dapat dijaga.

Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berikut:
-          Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;
-          Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
-          Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan
-          Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.

Kompetensi Inti SMP/MTS
KOMPETENSI INTI KELAS VII
KOMPETENSI INTI KELAS VIII
KOMPETENSI INTI KELAS IX
1.       Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.       Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur,disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,gotong royong), santun, percaya diri,dalam berinteraksisecara efektif denganlingkungan sosial dan alamdalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur,disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,gotong royong), santun, percaya diri,dalam berinteraksisecara efektif dengan lingkungan sosial dan alamdalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.       Memahami pengetahuan(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.    Memahamidan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.       Mencoba, mengolah, danmenyajidalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi,dan membuat)dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajaridisekolahdan sumber lainyang sama dalam sudut pandang/teori
4.    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.    Mengolah, menyaji,dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi,dan membuat)dan ranahabstrak (menulis,membaca,menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuaidengan yang dipelajaridi sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

c. Kompetensi Dasar ( KD)
Kompetensi dasar dirumuskan untuk mencapai kompetensi inti.Rumusan kompetensi dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu Matapelajaran. Kompetensi dasar dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pengelompokkan kompetensi inti sebagai berikut:
1. kelompok 1: kelompok kompetensi dasar sikap spiritual dalam rangka menjabarkan KI-1;
2. kelompok 2: kelompok kompetensi dasar sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2;
3. kelompok 3: kelompok kompetensi dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3; dan
4. kelompok 4: kelompok kompetensi dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4.
KD IPA diorganisasikan ke dalam empat Kompetensi Inti (KI). Kompetensi Inti (KI) 1 berkaitan dengan sikap diri terhadap Tuhan Yang Maha Esa.Kompetensi Inti (KI) 2 berkaitan dengan karakter diri dan sikap sosial.Kompetensi Inti (KI) 3 berisi KD tentang pengetahuan terhadap materi ajar, sedangkan Kompetensi Inti (KI) 4 berisi KD tentang keterampilan terhadap materi IPA.
Kurikulum 2013 mengembangkan dua modus proses pembelajaran yaitu proses pembelajaran langsung dan proses pembelajaran tidak langsung.  Pembelajaran dibagi menjadi  pembelajaran langsung maupun pembelajaran tidak langsung yang terjadi secara terintegrasi dan tidak terpisah. Pembelajaran langsung berkenaan dengan pembelajaran yang menyangkut KD yang dikembangkan dari KI-3 dan KI-4. Keduanya, dikembangkan secara bersamaan dalam suatu proses pembelajaran dan menjadi wahana untuk mengembangkan KD pada KI-1 dan KI-2. Pembelajaran tidak langsung berkenaan dengan pembelajaran yang menyangkut KD yang dikembangkan dari KI-1 dan KI-2.  Proses pembelajaran langsung adalah proses pendidikan di mana peserta didik mengembangkan pengetahuan, kemampuan berpikir dan keterampilan psikomotorik melalui interaksi langsung dengan sumber belajar yang dirancang dalam silabus dan RPP berupa kegiatan-kegiatan pembelajaran. Dalam pembelajaran langsung tersebut peserta didik melakukan kegiatan belajar mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi atau menganalisis, dan mengkomunikasikan apa yang sudah ditemukannya dalam kegiatan analisis. Proses pembelajaran langsung menghasilkan pengetahuan dan keterampilan langsung atau yang disebut dengan instructional effect.
Pembelajaran tidak langsung adalah proses pendidikan yang terjadi selama proses pembelajaran langsung tetapi tidak dirancang dalam kegiatan khusus. Pembelajaran tidak langsung berkenaan dengan pengembangan nilai dan sikap. Berbeda dengan pengetahuan tentang nilai dan sikap yang dilakukan dalam proses pembelajaran langsung oleh mata pelajaran tertentu, pengembangan sikap sebagai proses pengembangan moral dan perilaku dilakukan oleh seluruh mata pelajaran dan dalam setiap kegiatan yang terjadi di kelas, sekolah, dan masyarakat. 

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar  Mata pelajaran IPA

KELAS: VII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1        Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
1.1        Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
1.2        Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
1.3        Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
1.4        Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
3.      Memahami pengetahuan(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1    Memahami konsep pengukuran berbagaibesaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuranMengidentifikasi ciri hidup dan tak hidupdari benda-benda
3.2    dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
3.3    Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak- hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati
3.4    Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi utama penyusun sel
3.5        Memahami karakteristik zat, sertaperubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari
3.6        Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasienergi, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis
3.7        Memahami konsep suhu, pemuaian,kalor, perpindahan kalor,dan penerapannya dalam mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusiadan hewan serta dalam kehidupan sehari-hari
3.8        Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya
3.9        Mendeskripsikan pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup
3.10     Mendeskripsikan tentang penyebabterjadinya pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem
4.      Mencoba, mengolah, danmenyajidalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi,dan membuat)dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajaridisekolahdan sumber lainyang sama dalam sudut pandang/teori
4.1.       Menyajikan hasilpengukuran terhadapbesaran-besaranpada diri,makhluk hidup, dan lingkungan fisikdengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
4.2.       Menyajikan hasilanalisisdata observasi
terhadap benda (makhluk) hidupdan tak hidup
4.3.       Mengumpulkan data dan melakukan
klasifikasiterhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
4.4.       Melakukan pengamatan dengan bantuan alatuntuk menyelidikistruktur tumbuhan dan hewan
4.5.       Membuat dan menyajikan poster tentang seldan bagian-bagiannya
4.6.       Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifatfisikadan kimia
4.7.       Melakukan penyelidikan untuk
menentukan sifatlarutan yang ada di lingkungan sekitarmenggunakan indikatorbuatan maupun alami.
4.8.       Melakukan pengamatan atau percobaan sederhana untuk menyelidikiprosesfotosintesispada tumbuhan hijau
4.9.       Melakukan pengamatan atau percobaan
untuk menyelidikirespirasipada hewan.
4.10.   Melakukan percobaan untuk menyelidiki suhu dan perubahannya serta pengaruh
kalor terhadap perubahan suhu danperubahan wujud benda
4.11.   Melakukan penyelidikan terhadapkarakteristikperambatan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
4.12.   Menyajikan hasilobservasi terhadap interaksimakhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
4.13.   Menyajikan data dan informasitentang pemanasan globaldan memberikan usulan penanggulangan masalah




KELAS: VIII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1        Mengagumi keteraturan dan kompleksitasciptaan Tuhan tentang aspek fisikdan kimiawi,kehidupan dalam ekosistem,dan peranan manusia dalam lingkungan sertamewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur,disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,gotong royong), santun, percaya diri,dalam berinteraksisecara efektif denganlingkungan sosial dan alamdalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1        Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti;cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2        Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagaiwujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3        Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitassehari-hari
2.4        Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
3.     Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1        Memahami gerak lurus, dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, serta penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari.
3.2        Menjelaskan keterkaitan struktur
jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut
3.3        Mendeskripsikan keterkaitan sifat bahan
dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, serta pengaruh pemanfaatan bahan tertentu terhadap kesehatan manusia
3.4        Mendeskripsikan struktur rangka dan otot manusia, serta fungsinya padaberbagai kondisi
3.5        Mendeskripsikan kegunaan pesawat
sederhana dalam kehidupan sehari-hari dan hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia.
3.6        Mendeskripsikan sistem pencernaan serta keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem peredaran darah, dan penggunaan energi makanan
3.7        Mendeskripsikan zat aditif (alami dan
buatan) dalam makanan dan minuman (segar dan dalam kemasan), dan zat adiktif-psikotropika serta pengaruhnya terhadap kesehatan
3.8        Memahami tekanan pada zat cair dan
penerapannya dalam kehidupan sehari- hari untuk menjelaskan tekanan darah, difusi pada peristiwa respirasi, dan tekanan osmosis
3.9        Menjelaskan struktur dan fungsi sistem
eksresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri.
3.10     Memahami konsep getaran, gelombang, bunyi, dan pendengaran, serta penerapannya dalam sistem sonar pada hewan dan dalam kehidupan sehari-hari
3.11     Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya,
pembentukan bayangan, serta aplikasinya untuk menjelaskan penglihatan manusia, proses pembentukan bayangan pada mata serangga, dan prinsip kerja alat optik
3.12     Mendeskripsikan struktur bumi untuk menjelaskan fenomena gempa bumi dan gunung api, serta tindakan yang diperlukan untuk mengurangi resiko bencana.
3.13     Mendeskripsikan karakteristik matahari,
bumi, bulan, planet, benda angkasa lainnya dalam ukuran, struktur, gaya gravitasi, orbit, dan gerakannya, serta pengaruh radiasi matahari terhadap kehidupan di bumi
3.14     Mendeskripsikan gerakan bumi dan bulan terhadap matahari serta menjelaskan perubahan siang dan malam, peristiwa gerhana matahari dan gerhana bulan, perubahan musim serta dampaknya bagi kehidupan di bumi
4.     Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1        Melakukan penyelidikan tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak.
4.2        Melakukan pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuhan, sertamenghasilkan ide teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain bangunan)
4.3        Melakukan penyelidikan tentang sifat- sifat bahan dan mengusulkan ide-ide
pemanfaatan bahan berdasarkan sifatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.4        Menyajikan tulisan tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku sehari-hari
4.5        Melakukan penyelidikan tentang keuntungan mekanik pada pesawat
sederhana
4.6        Melakukan penyelidikan tentang
pencernaan mekanis dan enzimatis pada makanan
4.7        Menyajikan data, informasi, dan mengusulkan ide pemecahan masalah untuk menghindari terjadinyapenyalahgunaan zat aditif dalam makanan dan minuman serta zat adiktif-psikotropika
4.8        Melakukan percobaan untuk menyelidiki tekanan cairan pada kedalaman tertentu,
gaya apung, kapilaritas (menyelidiki transport cairan dalam batang tumbuhan) dan tekanan cairan pada ruang tertutup
4.9        Membuat peta pikiran (mapping mind)
tentang struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia dan penerapanya dalam menjaga kesehatan diri.
4.10     Melakukan pengamatan atau percobaan tentang getaran, gelombang, dan bunyi
4.11     Membuat laporan hasil penyelidikan tentang pembentukan bayangan pada cermin, lensa, dan alat optik
4.12     Menyajikan laporan hasil pengamatan atau penelusuran informasi tentang karakteristik komponen tata surya




KELAS: IX

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnyaMenghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1       Mengagumi keteraturan dan kompleksitasciptaan Tuhan tentang aspek fisikdan kimiawi,kehidupan dalam ekosistem,dan peranan manusia dalam lingkungan sertamewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnyaMengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur,disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,gotong royong), santun, percaya diri,dalam berinteraksisecara efektif dengan lingkungan sosial dan alamdalam jangkauan pergaulan dan keberadaannyaMenghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
1.1         Menunjukkan perilakuilmiah(memiliki rasa ingintahu; objektif;jujur;teliti; cermat;tekun; hati-hati;bertanggung jawab;terbuka; kritis;kreatif;inovatifdan peduli lingkungan) dan bekerja samadalam aktivitassehari-hariMenunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi
2.1       
2.2      Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujudimplementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3      Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitassehari-hari
A.              2.4                Menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hariMenghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam memilih penggunaan bahan kimia untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan
Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi perilaku menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan
3.     Memahamidan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mataMemahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1      Mendeskripsikan strukturdan fungsi sistemreproduksi pada manusia, kelainan dan penyakit  pada sistem reproduksi dan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
3.2      Memahamireproduksi pada tumbuhan dan  hewan, sifatketurunan, serta kelangsungan makhluk hidup
3.3      Mendeskripsikan penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
3.4      Mendeskripsikanatomdan partikel penyusunnya, ion dan molekul,sertahubungannya dengan karakteristik bahan/material yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
3.5      Memahamikonsep listrikstatis,muatan listrik,potensiallistrik,hantaran listrik, kelistrikanpada sistemsyarafdan contohnya pada hewan-hewanyang mengandung listrik
3.6      Mendeskripsikan karakteristikrangkaian listrik,transmisienergilistrik,sumber- sumber energilistrikalternatif(termasuk bioenergi),berbagai upaya dalam menghemat energilistrik,serta penggunaan teknologilistrikdi lingkungan sekitar
3.7      Mendeskripsikan konsep medan magnet,induksi elektromagnetik,danpenggunaannya dalam produk teknologi, sertapemanfaatan medan magnet dalam pergerakan/navigasi hewan untuk mencarimakanan dan migrasi
3.8      Mengidentifikasiproses dan hasil pewarisan sifatsertapenerapannya dalam pemuliaan mahluk hidup
3.9      Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melaluiproduksi pangan
3.10  Membedakan proses dan produk teknologi yang merusak lingkungan danramah lingkungan
a.              3.11 Memahami pentingnya tanah danorganisme yang hidup dalam tanah untuk keberlanjutan kehidupanMemahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnyaperumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati
Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi bahan kimia utama penyusun sel
Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari (misalnya pemisahan campuran)
Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasi energi dalam sel, metabolisme sel, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis
Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor,dan penerapannya dalam mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan serta dalam kehidupan sehari-hari
Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya
Mendeskripsikan pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup
Mendeskripsikan tentang penyebab terjadinya pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem
4.     Mengolah, menyaji,dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi,dan membuat)dan ranahabstrak (menulis,membaca,menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuaidengan yang dipelajaridi sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teoriMencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Menyajikan hasilpenelusuran informasi dariberbagai sumber tentang penyakit menular seksual dan upaya pencegahannya
4.2      Menyajikan karya hasilperkembangbiakan pada tumbuhan
1.1              Menyajikan hasil penelusuraninformasitentang perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkunganMenyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
1.1              Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
1.1              Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
1.1              Membuat dan menyajikan poster tentang sel dan bagian-bagiannya
1.1              Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan kimia
1.1              Melakukan percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau
1.1              Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud benda
1.1              Melakukan penyelidikan terhadap karakteristik perambatan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
1.1              Melakukan percobaan untuk menyelidiki respirasi pada hewan
1.1              Melakukanpengamatan dengan bantuan alat untuk menyelidiki struktur mikrotumbuhan dan hewan
1.1              Melakukan penyelidikan untuk menentukan sifat larutan yang ada di lingkungan sekitar menggunakan indikator buatan maupun alami
1.1              Menyajikan hasil observasi terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
4.3      Menyajikan data dan informasi tentang pemanasan global dan memberikan usulan penanggulangan
4.4      masalahMelakukan percobaan untuk menyelidiki muatan listrikstatisdan interaksinya, sertasifathantaran listrikbahan
4.5      Melakukan penyelidikan untuk menemukan karakteristikrangkaian listrik,sertahubungan energilistrik dengan tegangan, kuat arus dan waktu pemakaian
4.6      Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsipelektromagnetik dan/atau  induksi elektromagnetik
4.7      Melakukan percobaan sederhana untuk menemukan hukum pewarisan sifat
mahluk hidup
4.8      Menyajikan hasilpenyelidikan, ide-ide, atau peneluran informasitentang
penerapan bio-teknologidalam mendukung kelangsungan hidup manusia melaluiproduksi pangan
4.9      Menyajikan data dan informasitentang proses dan produk teknologiyang tidak
merusak lingkungan
4.10  Melakukan penyelidikan tentang fungsi tanah bagi keberlangsungan kehidupan





CONTOH KETERKAITAN KD dari KI 3, KI 4 dengan KD dari KI 2 dan KI 1
Mata Pelajaran : IPA
Topik                     : Pengukuran

KOMPETENSI INTI
KOMPTENSI DASAR
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1        Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2        Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.     Memahami pengetahuan(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1     Memahami konsep pengukuran berbagaibesaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
4.     Mencoba, mengolah, danmenyajidalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi,dan membuat)dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajaridisekolahdan sumber lainyang sama dalam sudut pandang/teori
4.1        Menyajikan hasilpengukuran terhadapbesaran-besaranpada diri,makhluk hidup, dan lingkungan fisikdengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku