Saturday, July 5, 2014

KONSEP KURIKULUM 2013



K13 - Kurikulum merupakan salah satu unsur yang memberikan kontribusi untuk mewujudkan proses berkembangnya kualitas potensi peserta didik tersebut. Kurikulum 2013 dikembangkan berbasis pada kompetensi sangat diperlukan sebagai instrumen untuk mengarahkan peserta didik menjadi: (1) manusia berkualitas yang mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah; (2) manusia terdidik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri; dan (3) warga negara yang demokratis, bertanggung jawab.
Pada materi pelatihan ini Anda dapat mempelajari konsep kurikulum 2013  yang meliputi rasional dan elemen perubahan kurikulum, SKL, KI dan KD serta strategi implementasi Kurikulum 2013 serta pendekatan pembelajaran dan penilaian pada Kurikulum 2013.

Kompetensi yang dicapai
1.    Memahami secara utuh rasional dan elemen perubahan Kurikulum 2013.
2.    Memahami SKL, KI, dan KD serta strategi implementasi Kurikulum 2013.
3.    Mendeskripsikan konsep pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA.
4.    Mendeskripsikan konsep penilaian autentik pada proses dan hasil belajar.

Indikator
1.    Menjelaskan rasional pengembangan Kurikulum 2013 dalam kaitannya dengan perkembangan masa depan
2.    Menjelaskan empat elemen perubahan Kurikulum 2013 yang mencakup: SKL, SI, Standar Proses, dan Standar Penilaian.
3.    Menjelaskan keterkaitan antara SKL, KI, dan KD.
4.    Mengidentifikasi   strategi implementasi Kurikulum 2013.
5.    Menjelaskan konsep pendekatan saintifik
6.    Menjelaskan konsep model-model pembelajaran (PBL, PJBL, , DL)
7.    Menjelaskan konsep penilaian autentik pada proses dan hasil belajar.

Langkah Kegiatan


Tanya jawab tentang Kurikulum 2013 dan implementasi-nya di sekolah
Mengamati tayangan video cuplikan contoh pembelajaran Kurikulum 2013

Diskusi kelompok
tentang rasional dan  perubahan pada Kurikulum 2013  yang meliputi SKL,KI,KD, pendekatan, model dan penilaian pembelajaran

 Presentasi hasil diskusi kelompok dan tanyajawab dengan kelompok lain; dan
Penyimpulan hasil  diskusi tentang Konsep Kurikulum

Previous Post
First

0 komentar: