K13
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran IPA
1.         
Kompetensi Inti ( KI )
Kompetensi inti dirancang seiring dengan
meningkatnya usia peserta didik pada kelas tertentu. Melalui kompetensi inti,
integrasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada kelas yang berbeda dapat
dijaga.
Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi
sebagai berikut: 
-         
Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk
kompetensi inti sikap spiritual; 
-         
Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk
kompetensi inti sikap sosial; 
-         
Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk
kompetensi inti pengetahuan; dan 
-         
Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk
kompetensi inti keterampilan. 
Kompetensi
Inti SMP/MTS
KOMPETENSI INTI KELAS VII 
 | 
  
KOMPETENSI INTI KELAS VIII 
 | 
  
KOMPETENSI INTI KELAS IX 
 | 
 
1.      
  Menghargai
  dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 
 | 
  
1.   
  Menghargai
  dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 
 | 
  
1.   
  Menghayati
  dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya  
 | 
 
2.      
  Menghargai dan
  menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
  royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
  lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 
 | 
  
2.    Menghargai dan menghayati perilaku
  jujur,disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,gotong royong), santun,
  percaya diri,dalam berinteraksisecara efektif denganlingkungan sosial dan alamdalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 
 | 
  
2.   
  Menghargai dan menghayati perilaku jujur,disiplin, tanggungjawab, peduli
  (toleransi,gotong royong), santun, percaya diri,dalam berinteraksisecara
  efektif dengan lingkungan sosial dan alamdalam jangkauan pergaulan dan
  keberadaannya 
 | 
 
3.       Memahami pengetahuan(faktual,
  konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
  pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
  mata 
 | 
  
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
  prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
  terkait fenomena dan kejadian tampak mata 
 | 
  
3.    Memahamidan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 
 | 
 
4.      
  Mencoba, mengolah, danmenyajidalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai,
  memodifikasi,dan membuat)dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
  menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajaridisekolahdan sumber lainyang sama dalam sudut
  pandang/teori 
 | 
  
4.    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
  mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranahabstrak (menulis,
  membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
  sama dalam sudut pandang/teori 
 | 
  
4.    Mengolah, menyaji,dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
  mengurai,merangkai, memodifikasi,dan membuat)dan ranahabstrak
  (menulis,membaca,menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuaidengan yang dipelajaridi sekolah dan
  sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori 
 | 
 
c. Kompetensi Dasar ( KD)
Kompetensi
dasar dirumuskan untuk mencapai kompetensi inti.Rumusan kompetensi dasar
dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal,
serta ciri dari suatu Matapelajaran. Kompetensi dasar dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan
pengelompokkan kompetensi inti sebagai berikut: 
1. kelompok 1: kelompok kompetensi dasar sikap spiritual dalam
rangka menjabarkan KI-1; 
2. kelompok 2: kelompok kompetensi dasar sikap sosial dalam
rangka menjabarkan KI-2; 
3. kelompok 3: kelompok kompetensi dasar pengetahuan dalam
rangka menjabarkan KI-3; dan 
4. kelompok 4: kelompok kompetensi dasar keterampilan dalam
rangka menjabarkan KI-4. 
KD IPA diorganisasikan ke dalam empat
Kompetensi Inti (KI). Kompetensi Inti (KI) 1 berkaitan dengan sikap diri
terhadap Tuhan Yang Maha Esa.Kompetensi Inti (KI) 2 berkaitan dengan karakter
diri dan sikap sosial.Kompetensi Inti (KI) 3 berisi KD tentang pengetahuan
terhadap materi ajar, sedangkan Kompetensi Inti (KI) 4 berisi KD tentang keterampilan
terhadap materi IPA.
Kurikulum 2013 mengembangkan dua modus proses
pembelajaran yaitu proses pembelajaran langsung dan proses pembelajaran tidak
langsung.  Pembelajaran dibagi menjadi  pembelajaran langsung maupun pembelajaran
tidak langsung yang terjadi secara terintegrasi dan tidak terpisah.
Pembelajaran langsung berkenaan dengan pembelajaran yang menyangkut KD yang
dikembangkan dari KI-3 dan KI-4. Keduanya, dikembangkan secara bersamaan dalam
suatu proses pembelajaran dan menjadi wahana untuk mengembangkan KD pada KI-1
dan KI-2. Pembelajaran tidak langsung berkenaan dengan pembelajaran yang
menyangkut KD yang dikembangkan dari KI-1 dan KI-2.  Proses pembelajaran langsung adalah proses
pendidikan di mana peserta didik mengembangkan pengetahuan, kemampuan berpikir
dan keterampilan psikomotorik melalui interaksi langsung dengan sumber belajar
yang dirancang dalam silabus dan RPP berupa kegiatan-kegiatan pembelajaran.
Dalam pembelajaran langsung tersebut peserta didik melakukan kegiatan belajar
mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi atau menganalisis, dan
mengkomunikasikan apa yang sudah ditemukannya dalam kegiatan analisis. Proses
pembelajaran langsung menghasilkan pengetahuan dan keterampilan langsung atau
yang disebut dengan instructional effect. 
Pembelajaran
tidak langsung adalah proses pendidikan yang terjadi selama proses pembelajaran
langsung tetapi tidak dirancang dalam kegiatan khusus. Pembelajaran tidak
langsung berkenaan dengan pengembangan nilai dan sikap. Berbeda dengan
pengetahuan tentang nilai dan sikap yang dilakukan dalam proses pembelajaran
langsung oleh mata pelajaran tertentu, pengembangan sikap sebagai proses
pengembangan moral dan perilaku dilakukan oleh seluruh mata pelajaran dan dalam
setiap kegiatan yang terjadi di kelas, sekolah, dan masyarakat.  
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata pelajaran IPA
KELAS:
VII
KOMPETENSI INTI 
 | 
   
KOMPETENSI DASAR 
 | 
  
1.     
  Menghargai dan
  menghayati ajaran agama yang dianutnya 
 | 
  
1.1       
  Mengagumi keteraturan
  dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan
  dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya
  dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya 
 | 
 
2.     
  Menghargai dan
  menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
  royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
  lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 
 | 
  
1.1       
  Menunjukkan perilaku
  ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
  hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli
  lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari 
1.2       
  Menghargai kerja
  individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
  melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 
1.3       
  Menunjukkan perilaku
  bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari 
1.4       
  Menunjukkan penghargaan
  kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari 
 | 
 
3.     
  Memahami
  pengetahuan(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
  tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
  dan kejadian tampak mata 
 | 
  
3.1    Memahami konsep pengukuran berbagaibesaran yang
  ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian
  dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam
  pengukuranMengidentifikasi ciri hidup dan tak hidupdari benda-benda  
3.2    dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar 
3.3    Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup
  dan benda-benda tak- hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta
  mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup
  berdasarkan ciri yang diamati 
3.4    Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi
  kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi utama
  penyusun sel 
3.5       
  Memahami karakteristik
  zat, sertaperubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk
  kehidupan sehari-hari 
3.6       
  Mengenal konsep energi,
  berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasienergi, respirasi, sistem
  pencernaan makanan, dan fotosintesis 
3.7       
  Memahami konsep suhu,
  pemuaian,kalor, perpindahan kalor,dan penerapannya dalam mekanisme menjaga
  kestabilan suhu tubuh pada manusiadan hewan serta dalam kehidupan sehari-hari 
3.8       
  Mendeskripsikan
  interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya 
3.9       
  Mendeskripsikan
  pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup 
3.10     Mendeskripsikan tentang penyebabterjadinya
  pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem 
 | 
 
4.     
  Mencoba, mengolah, danmenyajidalam
  ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi,dan membuat)dan
  ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
  sesuai dengan yang dipelajaridisekolahdan sumber lainyang sama dalam sudut
  pandang/teori 
 | 
  
4.1.       Menyajikan hasilpengukuran
  terhadapbesaran-besaranpada diri,makhluk hidup, dan lingkungan fisikdengan
  menggunakan satuan tak baku dan satuan baku 
4.2.       Menyajikan hasilanalisisdata observasi 
terhadap benda (makhluk) hidupdan tak hidup 
4.3.       Mengumpulkan data dan melakukan 
klasifikasiterhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan
  yang ada di lingkungan sekitar 
4.4.       Melakukan pengamatan dengan bantuan alatuntuk
  menyelidikistruktur tumbuhan dan hewan 
4.5.       Membuat dan menyajikan poster tentang seldan
  bagian-bagiannya 
4.6.       Melakukan pemisahan campuran berdasarkan
  sifatfisikadan kimia 
4.7.       Melakukan penyelidikan untuk 
menentukan sifatlarutan yang ada di lingkungan
  sekitarmenggunakan indikatorbuatan maupun alami. 
4.8.       Melakukan pengamatan atau percobaan sederhana
  untuk menyelidikiprosesfotosintesispada tumbuhan hijau 
4.9.       Melakukan pengamatan atau percobaan 
untuk menyelidikirespirasipada hewan. 
4.10.   Melakukan percobaan untuk menyelidiki suhu dan
  perubahannya serta pengaruh 
kalor terhadap perubahan suhu danperubahan wujud
  benda 
4.11.   Melakukan penyelidikan terhadapkarakteristikperambatan
  kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi 
4.12.   Menyajikan hasilobservasi terhadap
  interaksimakhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya 
4.13.   Menyajikan data dan informasitentang pemanasan
  globaldan memberikan usulan penanggulangan masalah 
 | 
 
KELAS:
VIII
KOMPETENSI
   INTI 
 | 
   
KOMPETENSI
   DASAR 
 | 
  
1.    
  Menghargai dan menghayati
  ajaran agama yang dianutnya 
 | 
  
1.1       
  Mengagumi keteraturan
  dan kompleksitasciptaan Tuhan
  tentang aspek fisikdan kimiawi,kehidupan dalam ekosistem,dan peranan manusia
  dalam lingkungan sertamewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya 
 | 
 
2.    
  Menghargai dan
  menghayati perilaku jujur,disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,gotong
  royong), santun, percaya diri,dalam berinteraksisecara efektif denganlingkungan
  sosial dan alamdalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 
 | 
  
2.1       
  Menunjukkan perilaku
  ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti;cermat; tekun;
  hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli
  lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari 
2.2       
  Menghargai kerja
  individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagaiwujud implementasi
  melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan. 
2.3       
  Menunjukkan perilaku
  bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitassehari-hari 
2.4       
  Menunjukkan penghargaan
  kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari 
 | 
 
3.     Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
  konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
  pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
  mata 
 | 
  
3.1       
  Memahami gerak lurus,
  dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, serta penerapannya
  pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari. 
3.2       
  Menjelaskan keterkaitan
  struktur 
jaringan tumbuhan dan
  fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh
  struktur tersebut 
3.3       
  Mendeskripsikan
  keterkaitan sifat bahan 
dan pemanfaatannya
  dalam kehidupan sehari-hari, serta pengaruh pemanfaatan bahan tertentu
  terhadap kesehatan manusia 
3.4       
  Mendeskripsikan
  struktur rangka dan otot manusia, serta fungsinya padaberbagai kondisi 
3.5       
  Mendeskripsikan
  kegunaan pesawat 
sederhana dalam
  kehidupan sehari-hari dan hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka
  manusia. 
3.6       
  Mendeskripsikan sistem
  pencernaan serta keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem peredaran
  darah, dan penggunaan energi makanan 
3.7       
  Mendeskripsikan zat
  aditif (alami dan 
buatan) dalam makanan
  dan minuman (segar dan dalam kemasan), dan zat adiktif-psikotropika serta
  pengaruhnya terhadap kesehatan 
3.8       
  Memahami tekanan pada
  zat cair dan 
penerapannya dalam
  kehidupan sehari- hari untuk menjelaskan tekanan darah, difusi pada peristiwa
  respirasi, dan tekanan osmosis 
3.9       
  Menjelaskan struktur
  dan fungsi sistem 
eksresi pada manusia
  dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri. 
3.10    
  Memahami konsep
  getaran, gelombang, bunyi, dan pendengaran, serta penerapannya dalam sistem
  sonar pada hewan dan dalam kehidupan sehari-hari 
3.11    
  Mendeskripsikan
  sifat-sifat cahaya, 
pembentukan bayangan,
  serta aplikasinya untuk menjelaskan penglihatan manusia, proses pembentukan
  bayangan pada mata serangga, dan prinsip kerja alat optik 
3.12    
  Mendeskripsikan
  struktur bumi untuk menjelaskan fenomena gempa bumi dan gunung api, serta
  tindakan yang diperlukan untuk mengurangi resiko bencana. 
3.13    
  Mendeskripsikan karakteristik
  matahari, 
bumi, bulan, planet,
  benda angkasa lainnya dalam ukuran, struktur, gaya gravitasi, orbit, dan
  gerakannya, serta pengaruh radiasi matahari terhadap kehidupan di bumi 
3.14    
  Mendeskripsikan gerakan
  bumi dan bulan terhadap matahari serta menjelaskan perubahan siang dan malam,
  peristiwa gerhana matahari dan gerhana bulan, perubahan musim serta dampaknya
  bagi kehidupan di bumi 
 | 
 
4.     Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
  konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranahabstrak
  (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
  dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori 
 | 
  
4.1       
  Melakukan penyelidikan
  tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan tentang pengaruh gaya
  terhadap gerak. 
4.2       
  Melakukan pengamatan
  terhadap struktur jaringan tumbuhan, sertamenghasilkan ide teknologi
  sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain bangunan) 
4.3       
  Melakukan penyelidikan
  tentang sifat- sifat bahan dan mengusulkan ide-ide 
pemanfaatan bahan
  berdasarkan sifatnya dalam kehidupan sehari-hari. 
4.4       
  Menyajikan tulisan
  tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi
  makanan dan perilaku sehari-hari 
4.5       
  Melakukan penyelidikan
  tentang keuntungan mekanik pada pesawat 
sederhana 
4.6       
  Melakukan penyelidikan
  tentang 
pencernaan mekanis dan
  enzimatis pada makanan 
4.7       
  Menyajikan data,
  informasi, dan mengusulkan ide pemecahan masalah untuk menghindari terjadinyapenyalahgunaan
  zat aditif dalam makanan dan minuman serta zat adiktif-psikotropika 
4.8       
  Melakukan percobaan
  untuk menyelidiki tekanan cairan pada kedalaman tertentu, 
gaya apung, kapilaritas
  (menyelidiki transport cairan dalam batang tumbuhan) dan tekanan cairan pada
  ruang tertutup 
4.9       
  Membuat peta pikiran
  (mapping mind) 
tentang struktur dan
  fungsi sistem eksresi pada manusia dan penerapanya dalam menjaga kesehatan
  diri. 
4.10    
  Melakukan pengamatan
  atau percobaan tentang getaran, gelombang, dan bunyi 
4.11    
  Membuat laporan hasil
  penyelidikan tentang pembentukan bayangan pada cermin, lensa, dan alat optik 
4.12    
  Menyajikan laporan
  hasil pengamatan atau penelusuran informasi tentang karakteristik komponen
  tata surya 
 | 
 
KELAS:
IX
KOMPETENSI INTI 
 | 
   
KOMPETENSI DASAR 
 | 
  
1.    
  Menghargai dan
  menghayati ajaran agama yang dianutnya 
 | 
  
1.1      
  Mengagumi keteraturan
  dan kompleksitasciptaan Tuhan
  tentang aspek fisikdan kimiawi,kehidupan dalam ekosistem,dan peranan manusia
  dalam lingkungan sertamewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang
  dianutnya 
 | 
 
2.    
  Menghargai dan
  menghayati perilaku jujur,disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,gotong
  royong), santun, percaya diri,dalam berinteraksisecara efektif dengan
  lingkungan sosial dan alamdalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 
 | 
  
2.1     
    
2.2     
  Menghargai kerja
  individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujudimplementasi
  dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 
2.3     
  Menunjukkan perilaku
  bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitassehari-hari 
 | 
 
3.    
  Memahamidan menerapkan
  pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
  tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya terkait fenomena dan
  kejadian tampak mata 
 | 
  
3.1     
  Mendeskripsikan
  strukturdan fungsi sistemreproduksi pada manusia, kelainan dan penyakit  pada sistem reproduksi dan penerapan pola
  hidup yang menunjang kesehatan reproduksi 
3.2     
  Memahamireproduksi pada
  tumbuhan dan  hewan, sifatketurunan, serta
  kelangsungan makhluk hidup 
3.3     
  Mendeskripsikan
  penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan 
3.4     
  Mendeskripsikanatomdan
  partikel penyusunnya, ion dan molekul,sertahubungannya dengan karakteristik
  bahan/material yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari 
3.5     
  Memahamikonsep
  listrikstatis,muatan listrik,potensiallistrik,hantaran listrik,
  kelistrikanpada sistemsyarafdan contohnya pada hewan-hewanyang mengandung listrik 
3.6     
  Mendeskripsikan
  karakteristikrangkaian listrik,transmisienergilistrik,sumber- sumber
  energilistrikalternatif(termasuk bioenergi),berbagai upaya dalam menghemat
  energilistrik,serta penggunaan teknologilistrikdi lingkungan sekitar 
3.7     
  Mendeskripsikan konsep
  medan magnet,induksi elektromagnetik,danpenggunaannya dalam produk teknologi, sertapemanfaatan medan
  magnet dalam pergerakan/navigasi hewan untuk mencarimakanan dan migrasi 
3.8     
  Mengidentifikasiproses
  dan hasil pewarisan sifatsertapenerapannya dalam pemuliaan mahluk hidup 
3.9     
  Mendeskripsikan
  penerapan bioteknologi dalam
  mendukung kelangsungan hidup manusia melaluiproduksi pangan 
3.10 
  Membedakan proses dan
  produk teknologi yang merusak lingkungan danramah lingkungan 
 | 
 
4.    
  Mengolah, menyaji,dan
  menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai,
  memodifikasi,dan membuat)dan ranahabstrak (menulis,membaca,menghitung,
  menggambar, dan mengarang) sesuaidengan yang dipelajaridi sekolah dan sumber
  lain yang sama dalam sudut pandang/teori 
 | 
  
4.1     
  Menyajikan hasilpenelusuran
  informasi dariberbagai sumber tentang penyakit menular seksual dan upaya pencegahannya 
4.2     
  Menyajikan karya
  hasilperkembangbiakan pada tumbuhan 
4.3     
   
4.4     
   
4.5     
  Melakukan penyelidikan
  untuk menemukan karakteristikrangkaian listrik,sertahubungan energilistrik
  dengan tegangan, kuat arus dan waktu pemakaian 
4.6     
  Membuat karya sederhana
  yang memanfaatkan prinsipelektromagnetik dan/atau  induksi elektromagnetik 
4.7     
  Melakukan percobaan
  sederhana untuk menemukan hukum pewarisan sifat 
mahluk hidup 
4.8     
  Menyajikan
  hasilpenyelidikan, ide-ide, atau peneluran informasitentang 
penerapan
  bio-teknologidalam mendukung kelangsungan hidup manusia melaluiproduksi
  pangan 
4.9     
  Menyajikan data dan
  informasitentang proses dan produk teknologiyang tidak 
merusak lingkungan 
4.10 
  Melakukan penyelidikan
  tentang fungsi tanah bagi keberlangsungan kehidupan 
 | 
 
CONTOH KETERKAITAN KD dari
KI 3, KI 4 dengan KD dari KI 2 dan KI 1
Mata Pelajaran : IPA
Topik                     :
Pengukuran
KOMPETENSI
  INTI 
 | 
  
KOMPTENSI
  DASAR 
 | 
 
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
  dianutnya 
 | 
  
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
  Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan
  manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
  yang dianutnya 
 | 
 
2.     Menghargai
  dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
  gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
  dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 
 | 
  
2.1       
  Menunjukkan perilaku
  ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
  hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli
  lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari 
2.2       
  Menghargai kerja
  individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
  melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 
 | 
 
3.     Memahami pengetahuan(faktual, konseptual, dan
  prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
  teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 
 | 
  
3.1     Memahami konsep pengukuran berbagaibesaran yang
  ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian
  dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam
  pengukuran 
 | 
 
4.     Mencoba, mengolah, danmenyajidalam ranah konkret
  (menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi,dan membuat)dan ranah abstrak
  (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
  dipelajaridisekolahdan sumber lainyang sama dalam sudut pandang/teori 
 | 
  
4.1       
  Menyajikan
  hasilpengukuran terhadapbesaran-besaranpada diri,makhluk hidup, dan
  lingkungan fisikdengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku 
 | 
 

0 komentar: