Tuesday, August 26, 2014

PERANCANGAN PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN


                               PERANCANGAN PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN KURIKULUM 2013



K13 - Perubahan pada proses pembelajaran kurikulum 2013 mencakup: a) berorientasi pada karakteristik kompetensi yang mencakup: 1) sikap (Krathwohl): menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan, 2) keterampilan (Dyers): mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyajikan, dan mencipta, dan 3) pengetahuan (Bloom & Anderson): mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta; b) menggunakan pendekatan saintifik, karakteristik kompetensi sesuai jenjang. c) mengutamakanDiscovery Learning dan Project Based Learning.
Penilaian hasil belajar mencakup seluruh aspek kompetensi, bersifat formatif dan hasilnya segera diikuti dengan pembelajaran remedial untuk memastikan penguasaan kompetensi pada tingkat memuaskan. Perubahan pada penilaian mencakup: penilaian berbasis tes dan nontes (portofolio), cara menilai proses dan output dengan menggunakan penilaian autentik, dan rapor memuat penilaian kuantitatif tentang pengetahuan dan deskripsi kualitatif tentang sikap dan keterampilan.

Pada materi pelatihan ini Anda mempelajari penerapan model-model pembelajaran dan perancangan penilaian yang baik dengan cara  berlatih menyusun contoh proses pembelajaran, mengembangakan instrumen penilaian menggunakan berbagai model pembelajaran sesuai Kurikulum 2013 dan mengolah nilai untuk rapor.

Kompetensi yang Dicapai

1.    Terampil  menerapkan pendekatan saintifik pada pembelajaran
2.    Terampil menerapkan model Project Based Learning, Problem Based Learning, dan Discovery Learning padapembelajaran
3.    Memiliki keterampilan merancang instrumen penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan
4.    Memahami pengolahan dan pelaporan  hasil penilaian proses dan hasil belajar 

Indikator
1.    Merancang contoh penerapan pendekatan saintifikpada pembelajaran IPA.
2.    Membuat contoh penerapan model –model pembelajaranpada pembelajaran IPA
3.    Mengidentifikasi  kaidah-kaidah   perancangan penilaian
4.    Merancang instrumen penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan pada pembelajaran IPA
5.    Mengolah hasil penilaian proses dan hasil belajar ke dalam laporan hasil belajar.

Langkah Kegiatan

1.    Perancangan Pembelajaran

Kerja Kelompokmenelaah HO contoh penerapan model pembelajaran
Kerja kelompok menyusun contoh model pembelajaran
Presentasi hasil kerja kelompok dan dikomentarioleh kelompok lain
Penyimpulan hasil diskusi kelompok dan rangkuman hasil






2.    Perancangan Penilaian

Diskusi kelompok perancangan penilaian sikap, pengetahuan, keterampilan
Kerja Kelompokmenyusun contoh instrumen penilaian yang baik
Presentasi hasil kerja kelompok dan dikomentarioleh kelompok lain
Penyimpulan hasil diskusi kelompok dan rangkuman hasil


3.    Pelaporan Hasil Penilaian

Diskusi kelompok pengolahan hasil penilaian
Kerja Kelompokmenyusun contoh laporan hasil penilaian
Presentasi hasil kerja kelompok dan dikomentarioleh kelompok lain
Penyimpulan hasil diskusi kelompok dan rangkuman hasil



Kegiatan diskusi menggunakan :
LK - 3.1a  Perancangan  PenerapanPendekatan Saintifik pada  Pembelajaran IPA
LK -3.1.bPerancangan Penerapan Model-Model pada  Pembelajaran IPA
LK -3.2 Perancangan Penilaian dalam Pembelajaran
LK-3.3 Pengolahan dan Pelaporan Hasil Penilaian untuk Rapor pada Mapel IPA
Previous Post
Next Post

0 komentar: