Monday, August 25, 2014

ANALISIS BUKU KURIKULUM 2013



K13 - Buku guru dan buku siswa merupakan salah satu sarana iImplementasiKurikulum Tahun 2013  dalam pembelajaran.  Buku guru dan buku siswa telah disiapkan Pemerintah sesuai dengan Permendikbud no 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran (Buku Siswa) dan Buku Panduan Guru (Buku Guru).

Buku Guru merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran  yang meliputi persiapan, pelaksanaan dan penilaian serta  pedoman penggunaan  buku siswa. Buku guru terdiri dari dua bagian, yaitu petunjuk umum pembelajaran dan petunjuk khusus pelaksanaan pembelajaran pada setiap bab sesuai dengan  buku siswa.

Buku siswa merupakan buku sumber belajar bagi siswa/peserta didik yang memuat: Judul bab, informasi kompetensi dasar yang sesuai dengan topik pada setiap bab. Pada setiap bab dilengkapi dengan peta konsep, pengantar, bagian kegiatan peserta didik baik ekperimen maupun non eksperimen atau diskusi, latihan soal, rangkuman,  evaluasi, dan tugas bagi peserta didik.

Pada materi pelatihan ini Anda mempelajari telaah dan analisis buku guru dan buku siswa terhadap kesesuaian dengan SKL, KI, dan KD; kecukupan dan kedalaman materi; dan kesesuaian pendekatan pembelajaran dan penilaian.

Kompetensi yang Dicapai

1.   Memahami  isi materi, struktur, dan sistematika keilmuan materi pelajaran , strategi pembelajaran dan penilaian pada buku siswa dan buku guru
2.   Menganalisis kesesuaian isi buku siswa dan buku guru dengan tuntutan SKL, KI, dan KD.
3.    Mendeskripsikan kesesuaian isi  buku siswa dan buku guru  dengan  pendekatan saintifik, standar proses  dan standar penilaian  
4.   Mendeskripsikan  buku guru dan buku siswa dari aspek kecukupan dan kedalaman materi.
5.   Memahami strategi penggunaan buku guru dan buku siswa pada perencanaan dan pelaksanaan  pembelajaran


Indikator

1.  Menjelaskan  isi materi, struktur, dan sistematika keilmuan materi  pelajaran dan penilaian yang terdapat dalam buku siswa
2.  Menjelaskan   isi materi, struktur, strategi pelajaran dan penilaiannya yang terdapat dalam buku guru
3.  Mengidentifikasi kesesuaian isi buku siswa dan buku guru dengan tuntutan SKL, KI, dan KD.
4.  Menjelaskan alas an  hasil identifikasi   kesesuaian buku siswa dan buku guru dengan  tuntutan  SKL, KI, dan KD 
5.  Menganalisis kesesuaian isi      buku siswa dengan  pendekatan saintifik, standar proses  dan standar penilaian
6.  Menganalisis kesesuaian isi    buku guru   dengan  pendekatan saintifik, standar proses  dan standar penilaian
7.  Menjelaskan kecukupan dan kedalaman materi pada buku guru dan buku siswa 
8.  Menjelaskan kesesuaian isi  buku guru dengan  buku siswa
9.   Memberikan rekomendasi penggunaan buku guru atau buku siswa berdasarkan hasil analisis.




Langkah Kegiatan Analisis Buku


Dalam kelompok mengkaji isi materi struktur, dan pola pikir keilmuan dalam buku guru dan buku siswa
Menganalisis  isi  buku guru (LK-2.1) dan buku siswa (LK-2.2)
Mendiskusikan hasil analisis   buku guru dan buku siswa  dalam kesesuaiannya dengan pendekatan saintifik dan standar proses

Presentasi hasil analisis buku gurudan buku siswa
Mendiskusikan hasil analisis  untuk membuat rekomendasi tentang penggunaan    buku guru dan buku siswa
Mendiskusikan hasil analisis buku guru dan buku siswadalam kesesuaiannya dengan   standar   penilaian 


Kegiatan analisis menggunakan LK - 2.1 untuk Analisis Buku Siswa, dan LK -2. 2  untuk Analisis Buku Guru.





Lembar Kegiatan
Bacalah informasi berikut, selanjutnya silakah melakukan analisis buku sesuai dengan petunjuk pada lembar kegiatan Analisis Buku Guru dan Buku Siswa
BUKU GURU  DAN BUKU SISWA
Buku guru dan buku siswa merupakan salah satu sarana iImplementasiKurikulum Tahun 2013  dalam pembelajaran.  Buku guru dan buku siswa telah disiapkan Pemerintah  sesuai dengan Permendikbud no 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru.
A.        Buku Guru
Buku Guru  merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran  yang meliputi persiapan, pelaksanaan dan penilaian serta  pedoman penggunaan  buku siswa.Buku guru terdiri dari dua bagian, bagian pertama adalah petunjuk umum pembelajaran dan bagian keduaberupa petunjuk khusus untuk pelaksanaan pembelajaran pada setiap bab pada buku siswa. 
Petunjuk umum pembelajaran  berisi informasi tentangcakupan dan lingkup materi pembelajaran, tujuan pembelajaran, strategi pembelajaran yang meliputi pendekatan, model dan metode. Selanjutnya terdapatpenjelasan tentang media dan sumber belajar serta  prinsip-prinsip penilaian pada pembelajaran. 
Petunjuk khusus pembelajaran  terdiri dari beberapa bab sesuai dengan materi pada buku siswa.  Umumnya berisi  informasi bagi guru untuk persiapan pelaksanaan pembelajaran  dan penilaian pembelajaran pada bab tersebut.Pada umumnya bagian ini berisi : peta konsep untuk materi pada bab ini, cakupan materi untuk tatap muka, KI dan KD yang sesuai dengan materi,  alokasi waktu dan rincian materi setiap tatap muka. Selanjutnya pada bagian ini terdapat uraian pembelajaran untuk setiap tatap muka, mulai dari tujuan pembelajaran, alternatif kegiatan pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran. Bagian penilaian  berisi informasi tentang teknik dan bentuk penilaian oleh guru, penilaian diri, penilaian antar peserta didik dan informasi pembahasan soal pada buku siswa. Pada buku guru juga ada informasi bagaimana cara informasi komunikasi dengan Orangtua/Wali.
B.        Buku Siswa
Buku siswa merupakan buku sumber belajar bagi siswa/peserta didik yang memuat hal-hal berikut, yaitu: Judul bab, infomasi kompetensi dasar yang sesuai dengan topik pada setiap bab. Pada setiap bab dilengkapi dengan peta konsep, pengantar, bagian kegiatan siswa baik ekperimen maupun non eksperimen atau diskusi, latihan soal, rangkuman,  evaluasi, dan tugas bagi peserta didik.
Penggunaan buku siswa oleh peserta didik disarankan dimulai dengan membaca dan mengkaji bagian pengantar bab atau subbab, melakukan kegiatan-kegiatan yang tersedia, mendiskusikan hasil kegiatan dan memverifikasi hasil diskusi dengan informasi konsep yang ada di buku. Uraian materi lainnya merupakan bagian untuk memperdalam pemahaman konsep dan diakhiri dengan soal-soal untuk menguji pemahaman konsep secara individual. 
Buku guru dan buku siswa  merupakan standar minimal yang dapat dikembangkan jika guru merasa perlu mengembangkannya sesuai dengan kondisi sekolah. Terutama yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, guru dapat menyesuaikan sesuai dengan alat dan bahan praktikum atau media belajar  yang tersedia di sekolah atau  model-model pembelajaran yang dipilih guru.  Untuk lebih memahami isi buku guru dan buku siswa serta mengetahui hal-hal yang perlu dikembangkan atau disesuaikan dengan keperluan implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran, guru dapat melakukannya melalui kegiatan analisis buku guru dan buku siswa sesuai dengan petunjuk dan format yang tersedia.




LK 2.1
Analisis Buku Siswa

PETUNJUK PENGISIAN FORMAT ANALISIS BUKU SISWA

TujuanKegiatan :Melalui kegiatan analisis buku siswa peserta dapat
-          Mendeskripsikan isi buku siswa yang   sesuai dengan kegiatan perencanaan pembelajaran
-          Mendeskripsikan  isi buku siswa yang sesuai dengan penilaian proses dan hasil belajar
-          Menganalisis kesesuaian isi buku siswa dan menentukan tindak lanjut  berdasarkan hasil analisis

Panduan kegiatan:
1.       Kerjakanlah secara berkelompok!
2.       Pelajari format Analisis Buku Siswa
3.       Siapkan SKL, KI dan KD sesuai jenjang pendidikan dan mata pelajaran!
4.       Cermatilah  buku siswa  yang berisi teks materi pembelajaran dan informasi lainnya seperti kegiatan siswa dan evaluasi
5.       Lakukanlah analisis terhadap buku siswa dan  tuliskan hasil analisis pada kolom yang tersedia pada format dengan cara:
-          mendeskripsikan secara singkat isi buku  sesuai dengan aspek-aspek yang dianalisis
-          memberikan tanda cek ( √ ) pada kolom kualifikasi kurang, cukup atau baik
-          menuliskan alasan Anda memilih kualifikasi tersebut
-          Berdasarkan hasil analisis, tuliskan alasan dan tindak lanjut hasil analisis ,
-          Jika kurang/tidak sesuai, Anda  disarankan untuk memberikan rekomendasi tindak lanjut yang harus dikerjakan guru sebagai pengguna buku siswa untuk proses pembelajaran. 
-          Jika sesuai dengan kebutuhan, buku bisa digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran.



FORMAT ANALISIS BUKU SISWA

Judul Buku          : .....................................................................................................
Kelas                     :  ....................................................................................................
Jenjang                : .....................................................................................................
Topik   : .....................................................................................................

Komponen Buku
Deskripsi pada buku
Kualifikasi
Alasan
Tindak lanjut
Kurang
Cukup
Baik
A.   Sistematika

Judul  sesuai dengan  KD yang harus dicapai










Urutan sub topik /materi sesuai dengan  KD dan sistematika keilmuan










 Komponen penilaian  sesuai tuntutan penilaian autentik











B. Uraian Materi             
Pendahuluan bab memotivasi siswa untuk belajar










Cakupan materi setiap sub topik/sub bab  memenuhi kebutuhan pencapaian KD






Kegiatan pada buku memfasilitasi pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik












C. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
Penilaian  Pengetahuan











Penilaian Sikap









Penilaian Keterampilan










Tugas











Deskripsi rekomendasi hasil analisis buku siswa
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................




R- 2.1
 


RUBRIK PENILAIAN ANALISIS BUKU SISWA
Rubrik penilaian analisis buku siswadigunakan fasilitator untuk menilai hasil analisis peserta pelatihan terhadap buku siswa sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
Langkah-langkah penilaian hasil analisis
1.       Cermati format penilaian analisis buku siswa   serta  hasil analisis peserta  yang akan dinilai
2.       Berikan nilai pada setiap komponen sesuai dengan penilaian Anda terhadap  hasil analisis menggunakan rentang nilai sebagai berikut

PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Amat Baik ( AB)
 90 < AB ≤ 100
Hasil analisis tepat, tindak lanjut logis dan bisa dilaksanakan
Baik  (B)
80 < B ≤ 90
Hasil analisis tepat, tindak lanjut kurang logis
Cukup (C)
 70 < C  ≤ 80
Hasil analisis kurang tepat, tindak lanjut logis
Kurang (K)
≤ 70
Hasil analisis kurang tepat, tindak lanjut tidak logis

3.       Setelah selesai penilaian masing-masing komponen, jumlahkan nilai seluruh komponen    sehingga menghasilkan  nilai hasil analisis buku siswa




LK- 2.2
Analisis Buku Guru


PETUNJUK PENGISIAN FORMAT ANALISIS BUKU GURU
Kompetensi:
1.       Memahami isi buku guru sebagai panduan bagi guru dalam pelaksanaan pembelajaran
2.       Merencanakan tindak lanjutberdasarkan  hasil analisis buku untuk persiapan pembelajaran.


Tujuan: Melalui kegiatan analisis buku guru peserta dapat
-          Mendeskripsikan isi buku guru  yang   sesuai dengan kegiatan perencanaan pembelajaran
-          Mendeskripsikan  isi buku guru yang sesuai dengan penilaian proses dan hasil belajar
-          Menganalisis kesesuaian isi buku guru dan menentukan tindak lanjut  berdasarkan hasil analisis

Panduan kegiatan:
1.       Kerjakanlah secara berkelompok!
2.       Pelajari format Analisis Buku Guru
3.       Siapkan SKL, KI dan KD sesuai jenjang pendidikan dan mata pelajaran!
4.       Cermatilah  buku guru  yang berisi strategi penyajian pembelajaran dan informasi lainnya 
5.       Lakukanlah analisis terhadap buku guru dan  tuliskan hasil analisis pada kolom yang tersedia pada format dengan cara:
-          mendeskripsikan secara singkat isi buku  sesuai dengan aspek kegiatan guru
-          memberikan tanda cek ( √ ) pada kolom kualifikasi kurang, cukup atau baik
-          menuliskan alas an Anda memilih kualifikasi tersebut
6.       Berdasarkan hasil analisis, tuliskan tindak lanjut hasil analisis ,
Jika kurang/tidak sesuai, Anda  disarankan untuk memberikan rekomendasi tindak lanjut yang harus dikerjakan guru sebagai pengguna buku guru tersebut.  Jika sesuai dengan kebutuhan, buku dapat digunakan sebagai pedoman dalam pembelajaran.
7.       Setelah melakukan analisis buku guru dan buku siswa diskusikan bagaimana keterkaitan antara buku guru dan buku siswa yang Anda analisis.




FORMAT ANALISIS BUKU GURU
Judul Buku        : .....................................................................................................
Kelas                    :  ....................................................................................................
Jenjang               : .....................................................................................................
Topik                     : .....................................................................................................
Kegiatan  Guru
Isi buku yang relevan dengan  kegiatan guru
Kualifikasi
Alasan
Tindak lanjut
Kurang
Cukup
Baik

A.  Perencanaan Pembelajaran

Menentukan KI dan KD yang berkaitan









Menentukan alokasi waktu









Merumuskan indikator









Merumuskan tujuan pembelajaran









Menentukan cakupan materi pembelajaran









Menentukan pendekatan







Menentukan model









Menentukan strategi







Menentukan metode







Menentukan media, sumber dan alat







Mendeskripsikan langkah pembelajaran sesuai dengan pendekatan, model,  dan  metode












B. Penilaian Proses dan Hasil Belajar

Menilai Pengetahuan
-          Contoh instrumen
-          Pembahasan









Menilai Sikap
-          Contoh instrumen
-          Rubrik









Menilai Keterampilan
-          Contoh instrumen
-          Rubrik









Portofolio







Penilaian Diri







Penilaian Antar Teman






Informasi Pengayaan Belajar







Informasikan hubungan guru dan Orang tua







Deskripsi rekomendasi hasil analisis buku guru
................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................






R - 2.2
 


RUBRIK PENILAIAN ANALISIS BUKU GURU

Rubrik penilaian analisis buku guru digunakan fasilitator untuk menilai hasil analisis peserta pelatihan terhadap buku guru  sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
Langkah-langkah penilaian hasil analisis
1.    Cermati format penilaian analisis buku guru   serta  hasil analisis peserta  yang akan dinilai
2.    Berikan nilai pada setiap komponen sesuai dengan penilaian Anda terhadap  hasil analisis menggunakan rentang nilai sebagai berikut

PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Amat Baik ( AB)
 90 < AB ≤ 100
Hasil analisis tepat, tindak lanjut logis dan bisa dilaksanakan
Baik  (B)
80 < B ≤ 90
Hasil analisis tepat, tindak lanjut kurang logis
Cukup (C)
 70 < C  ≤ 80
Hasil analisis kurang tepat, tindak lanjut logis
Kurang (K)
≤ 70
Hasil analisis kurang tepat, tindak lanjut tidak logis

3.       Setelah selesai penilaian masing-masing komponen, jumlahkan nilai seluruh komponen    sehingga menghasilkan  nilai hasil analisis buku guru
Previous Post
Next Post

0 komentar: