Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Label

PERANCANGAN & PERAKITAN ALAT PERAGA IPA SEDERHANA Kurikulum 2013



PERANCANGAN & PERAKITAN ALAT  IPA SEDERHANA
Oleh

Drs. Yamin  Winduono, M.Pd.

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Jln. Diponegoro No. 12  Tlp. (022) 4231191 Fax. 4207922 Bandung-40115 

 

PERMASALAHAN 1


         Si Amir dan teman-temannya mempunyai hobby bermain perang-perangan. Perlengkapan perangnya tentunya senjata-senjataan, seperti senapan dari batang daun pisang, pisau dari kayu,  pistol karet berpeluru biji kersen atau terung muda,  dan sebagainya. Amir dan teman-temannya sedang berpikir untuk mengembangkan  satu alat tambahan yang dapat digunakan untuk memata-matai atau mengawasi musuhnya. Dengan menggunakan alat tersebut, diharapkan posisi yang menjadi musuh (bo’ongan) dapat diawasinya tanpa sang musuh menyadarinya. Dalam bayangan Amir Cs, alat tersebut seperti alat untuk melihat yang digunakan  dalam kapal selam. 
Namun, Amir Cs masih kebingungan memikirkan bentuk, prinsip kerja, dan ukuran dari alat yang diidam-idamkannya. Nach ………., karena Amir Cs masih/sedang kebingungan,anda dimintai tolong/bantuan untuk mendisain sekaligus membuatkan alat pengintai musuh (bo’ongan), sehingga pada setiap pertempuran (bo’ong-bo’angan juga)  mereka dapat memenangkannya.

I. KRITERIA ALAT

         Alat yang dirancang dan dibuat harus dapat digunakan untuk melihat atau mengawasi orang lain/benda tanpa diketahui/disadari oleh orang tersebut.  

II. TUGAS

a.    Lakukan analisis KI/KD yang sesuai dengan masalah yang anda terima
b.    Anda diminta untuk merancang dan merakit alat yang diinginkan Amir Cs.
c.    Buatlah sketsa alat yang akan Anda buat/rakit.
d.   Ajukan alat & bahan yang diperlukan kepada pembimbing Anda.
e.    Tuliskan konsep-konsep IPA yang terkait dengan alat yang telah Anda buat.
f.     Buatlah laporan urutan cara merakit alat dan cara kerja alat.
g.    Buatlah Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dapat digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat IPA sederhana yang telah Anda buat/rakit.

PERMASALAHAN 2



         Pak Bakrie Oemar seorang guru honorer di SD Negeri Ciawi Meulit selalu mengalami kesulitan jika menjelaskan ciri-ciri rangkaian seri dengan rangkaian paralel pada SK/KD yang berkaitan dengan materi listrik. Pak Bakrie Oemar sudah mencoba dan bersusah payah dengan berbagai cara untuk menjelaskan ciri-ciri pada kedua rangkaian tersebut. Tetapi ternyata, siswa-siswanya tetap tidak mengerti terhadap apa yang telah dijelaskannya, karena Pak Bakrie Oemar hanya menggunakan/hanya memiliki/hanya meyakini keampuhan metoda cermah.
         Sesungguhnya, hati kecilnya Pak Bakrie Oemar sebenarnya ingin membuat satu alat yang dapat digunakan untuk menunjukkan dan menjelaskan ciri-ciri kedua rangkaian listrik tersebut. Tetapi alat yang diinginkannya hanya ada dalam angannya saja; sebab, selain keterampilan merancang/merakit alat tidak dimilikinya, sesungguhnyalah begitu selesai mengajar Pak Bakrie Oemar  langsung melakukan kesibukan lainnya yaitu sebagai pengojek sepedah pancal, yang sudah ditekuninya sejak lama.
         Nach …………., karena Pak Bakrie Oemar adalah seorang guru yang super sibuk, Anda diminta bantuannya untuk merancang dan membuatkan alat yang diinginkannya.

I. KRITERIA ALAT

         Alat yang Anda buat harus dapat digunakan untuk menunjukkan dan menjelaskan ciri-ciri/ perbedaan antara rangkaian seri dan rangkaian paralel.

II. TUGAS

a.    Anda  diminta untuk merancang dan  merakit  alat yang dapat digunakan untuk menjelaskan ciri-ciri dan perbedaan antara rangkaian seri dan rangkaian paralel yang diinginkan Pak Bakrie Oemar.
b.    Buatlah sketsa alat yang akan Anda buat/rakit.
c.    Ajukan alat & bahan yang diperlukan kepada pembimbing Anda.
d.   Tuliskan konsep-konsep IPA yang terkait dengan alat yang telah Anda buat.
e.    Buatlah laporan urutan cara merakit alat dan cara kerja alat.
f.     Buatlah Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dapat digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat IPA sederhana yang telah Anda buat/rakit.

PERMASALAHAN 3


         Desa Sesukanya Maju terletak di lereng sebuah gunung yang berhutan lebat. Setiap hari, mentari pagi bersinar dengan lembutnya, sementara suara burung dan margasatwa lainnya saling menyapa bersahutan penuh keceriaan. Sementara,  air sungai yang jernih mengalir bergemercik lembut mencerminkan keasrian lingkungannya.
         Itu adalah keadaan Desa Sesukanya Maju kira-kira 25 tahun yang lalu. Sekarang hutannya  gunduuuuul-dul, tanahnya keriiiiing-ring, sungainya kadang-kadang sering tak berair, kadang-kadang sering airnya meluap dengan ganasnya. Banjir di Desa Sesukanya Maju merupakan cerita buruk yang terus terjadi,  berulang setiap tahun.
Salah seorang penduduk yang  sangat menghawatirkan datangnya banjir adalah I Made Bloom Soonat (cucunda dari mantan Letnan Company Zlaas Tack Soonat),
         Selanjutnya, …. dst, …… dst, akhirnya, ……………………  sekian.
         Maaf ……………., ini hanya sekedar cerita, tugas Anda adalah menolong penduduk Desa Sesukanya Maju (terutama I Made Bloom Soonat) dengan membuatkan sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengantisipasi datangnya bahaya banjir dengan tepat dan akurat.

I. KRITERIA ALAT

         Alat yang Anda buat harus dapat digunakan oleh orang untuk mengantisipasi datangnya bahaya banjir.

II. TUGAS

a.       Anda  diminta untuk merancang dan  merakit  alat yang akan digunakan I Made  untuk mengantisipasi datangnya bahaya banjir.
b.      Buatlah sketsa alat yang akan Anda buat/rakit.
c.       Ajukan alat & bahan yang diperlukan kepada pembimbing Anda.
d.      Tuliskan konsep-konsep IPA yang terkait dengan alat yang telah Anda buat.
e.       Buatlah laporan urutan cara merakit alat dan cara kerja alat.
f.       Buatlah Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dapat digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat IPA sederhana yang telah Anda buat/rakit.

PERMASALAHAN 4


        Di suatu desa sering dilaksanakan tapa bisu (sebagai instrospeksi diri karena warganya terlalu  banyak ngomong), tetapi celakanya/ceritanya desa tersebut sangat sering dilanda banjir. Tentunya banjir tidak pernah bisa kompromi terhadap siapapun, termasuk pada warga yang sedang melaksanakan tapa bisu.
  Karena hal itu,  warga desa berfikir siang-malam sampai  berganti siang lagi,  untuk membuat sebuah alat yang dapat memperingatkan adanya bahaya banjir tanpa membatalkan tapa bisunya (berteriak, berbisik, dan sejenisnya contoh yang dapat membatalkan tapa). Namun walaupun  mereka berfikir dengan keras, alat yang diinginkannya masih belum terbayangkan wujudnya.
         Otong Eon alumni teladan sebuah SD Negeri  Prigel Nalaktax dari desa tersebut, ingin mengaplikasikan hasil kunjungannya ke kota besar pada alat yang diinginkan warga desa. Eon ingin menggunakan makna lampu perempatan jalan pada alat  peringatan bahaya banjir. Eon hanya tahu, nyala lampu merah menyatakan harus berhenti menunggu kendaraan dari arah lain lewat (jika memaksa lewat bahaya), nyala lampu kuning menyatakan hati-hati atau peringatan, sedangkan nyala lampu hijau menyatakan giliran kendaraan kita boleh lewat (sudah aman, ……. sich).
         Nach ………. menurut Anda,  kira-kira bagaimana  gagasan yang akan dilakukan oleh Otong Eon untuk menolong warga desa tersebut ?

 

I. KRITERIA ALAT

         Alat yang Anda buat harus dapat digunakan oleh orang yang sedang melaksanakan tapa bisu untuk mengantisipasi datangnya bahaya banjir.

 

II. TUGAS

a.       Anda  diminta untuk merancang dan  merakit  alat yang akan digunakan warga desa  untuk mengantisipasi datangnya bahaya banjir.
b.      Buatlah sketsa alat yang akan Anda buat/rakit.
c.    Ajukan alat & bahan yang diperlukan kepada pembimbing Anda.
d.   Tuliskan konsep-konsep IPA yang terkait dengan alat yang telah Anda buat.
e.    Buatlah laporan tertulis cara merakit alat dan cara kerja alat.
f.     Buatlah Lembar Kerja Siswa ( LKS ) yang dapat digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat IPA sederhana yang telah Anda buat/rakit.

PERMASALAHAN 5


        Siswa-siswa di SD Negeri Marahmay Nyaan telah belajar tentang prinsip kerja berbagai alat listrik. Mereka terutama tertarik untuk mengetahui lebih jauh bagaimana prinsip kerja dari kipas angin. Setelah dilakukan pengamatan yang super cermat, mereka berkeyakinan bahwa komponen utama dari kipas angin adalah motor listrik. Motor listrik inilah yang menggerakan baling-baling kipas angin. Rasa ingin tahu mendorong Husein dkk  untuk membongkar satu motor listrik untuk mengetahui lebih jauh bagian-bagiannya. Berdasarkan pengamatannya, Husein dkk mengetahui bahwa bagian dari motor listrik antara lain adalah “anu dan itu”; artinya, motor listrik baru dapat bekerja dengan baik jika “anu dan itu”nya ada.
         Nach ………. Jika Anda juga akan membuat motor listrik, coba diskusikan dalam kelompok kira-kira apa saja ”anu dan itu”  yang dimaksud oleh Husein dkk?

 

I. KRITERIA ALAT

         Rancangan alat yang Anda buat harus dapat memutar baling-baling yang dipasangkan pada alat tersebut.

II. TUGAS

a.       Anda  diminta untuk merancang dan  merakit  motor listrik untuk menggerakkan baling-baling.
b.      Gambarkan rancangan alat yang akan Anda buat/rakit.
c.    Ajukan alat & bahan yang diperlukan kepada pembimbing Anda.
d.   Tuliskan konsep-konsep IPA yang terkait dengan alat yang telah Anda buat.
e.    Buatlah laporan tertulis cara merakit alat dan cara kerja alat.
f.     Buatlah Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dapat digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat IPA sederhana yang telah Anda buat/rakit.

PERMASALAHAN 6



        Bang Somad berprofesi sebagai pemburu atau tepatnya “penyetrum” sejenis ikan, lele, belut, dan tentunya termasuk katak sawah. Daerah operasinya disekitar pesawahan dan rawa-rawa di daerahnya yang masih luas. Saat beroperasi Bang Somad selalu melengkapi darinya dengan kabel dan tombak kayu yang berujung logam. Kabel berfungsi untuk mengalirkan arus listrik (hasil nyantol/minta tanpa ijin ke listrik PLN) ke ujung logam yang akan ditusuk-tukannya ke air atau tanah lembab/rawa yang dicurigainya berpenghuni hewan-hewan yang akan menjadi buruannya.
Tetapi Alhamdulillah, Bang Somad sekarang sudah menghentikan profesinya tersebut karena ia ”super trauma” pada kejadian yang hampir memakan korban asisten pemburunya. Dul Shokib, sang asisten pemburu yang tupoksinya memunguti hewan yang “sock” karena disetrum, ikut-ikut seperti hewan buruan (tepatnya kena setrum) oleh Bang Somad. Singkat kata Dul Shokib pingsan di tempat, untung (biasa orang Indonesia apapun yang terjadi selalu untung) masih bisa tertolong.
Berdasarkan olah TKP  (tetapi hanya melibatkan RT dan Kades setempat) disimpulkan bahwa Dul Shokib tersetrum, karena dia berada di tanah berair ketika Bang Somad menancapkan tombak setrumnya. Berdasarkan kejadian itulah Bang Somad menghentikan profesinya. Selanjutnya, Pak Kades mengeluarkan maklumat larangan untuk segala bentuk profesi yang sejenis dengan profesi yang pernah ditekuni oleh Bang Somad. Larangan tersebut disepakati oleh seluruh masyarakat desanya, karena tindakan tersebut membahayakan manusia dan diyakinan sebagai penyebab rusaknya ekosistem. Tepatnya, ekosistem dapat mengalami kerusakkan oleh adanya aliran listrik (strum) yang dapat memusnahkan makhluk hidup dalamnya. Dengan kata lain, “seanak-cucu-buyut”  ikan, lele, belut, katak sawah, dan yang organisma lainnya akan berpartisipasi mati (benar-benar tindakan sadis jika terus dilakukan; untungnya Bang Somad sudah insyaf) jika ke habitatnya dialirkan arus listrik (strum).
        Coba pikirkan didalam kelompok anda, alat apakah yang harus dibuat untuk mengetahui daya hantar listrik dalam zat cair? 

I. KRITERIA ALAT

         Alat yang Anda buat harus dapat digunakan untuk mengetahui daya hantar listrik dalam zat cair.

II. TUGAS

a.       Anda  diminta untuk merancang, kemudian merakit satu  alat yang dapat digunakan untuk mengetahui daya hantar listrik dalam zat cair.
b.      Gambarkan rancangan alat yang akan Anda buat/rakit.
c.    Ajukan alat & bahan yang diperlukan kepada pembimbing Anda.
d.   Tuliskan konsep-konsep IPA yang terkait dengan alat yang telah Anda buat.
e.    Buatlah laporan tertulis cara merakit alat dan cara kerja alat.
f.     Buatlah Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dapat digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat IPA sederhana yang telah Anda buat/rakit.

PERMASALAHAN 7


        Sholehulyaqin seorang siswa yang bercita-cita menjadi dokter. Di benaknya apa yang dilakukan seorang dokter saat menangani seorang pasien betul-betul  sangat mengagumkan. Hanya dengan menggunakan  suatu alat sang dokter dapat mendiagnosis penyakit pasien secara tepat.
Sholeh selain rajin belajar, mempunyai hobi membuat berbagai kerajinan tangan. Berbekal keterampilannya membuat kerajinan tangan, Sholeh ingin membuat suatu alat yang sering digunakan oleh dokter saat mendiagnosis penyakit yang diderita pasien. Sholeh telah mengumpulkan berbagai bahan yang akan digunakan untuk membuat alat tersebut, tetapi dia masih ragu-ragu untuk memulainya.
         Karena hal tersebut, anda diminta berdiskusi dalam kelompok untuk membantu Sholeh dalam  merancang dan membuatkan alat tersebut, sehingga diperoleh hasil yang sebaik-baiknya.

 

I. KRITERIA ALAT

         Alat rancangan dan buatan anda harus dapat digunakan untuk mendeteksi detak jantung seseorang dengan cukup jelas.

 

II. TUGAS

a.       Anda  diminta untuk merancang dan  merakit  alat tersebut dengan baik.
b.      Buatlah sketsa atau gambar alat yang akan Anda buat/rakit.
c.    Ajukan alat & bahan yang diperlukan kepada pembimbing Anda.
d.   Tuliskan konsep-konsep IPA yang terkait dengan alat yang telah Anda buat.
e.    Buatlah laporan tertulis cara merakit alat dan cara kerja alat.
f.     Buatlah Lembar Kerja Siswa ( LKS ) yang dapat digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat IPA sederhana yang telah Anda buat/rakit.

PERMASALAHAN 8


        Dulu setiap pergantian pelajaran ditandai bunyi dentang bel. Dan tentunya bagi siswa bunyi termerdu adalah bunyi dentang bel tanda berakhirnya seluruh pelajaran. Sekarang peran bunyi dentang bel sudah tergeser digantikan oleh bunyi bel elektronik. Pada awalnya gagasan bel listrik berdasarkan pada gejala elektromagnetik atau peristiwa kemagnetan yang timbul karena adanya arus listrik. Selanjutnya bel listrik yang berdasarkan pada gejala elektromagnetik mulai berkurang seiring dengan semakin berkembangnya bel elektronik yang menggunakan komponen elektronika.
Pak guru Indra ingin menggunakan bel listrik yang berdasarkan pada gejala elektromagnetik dalam pembelajaran yang berkaitan dengan elektromagnet, sayangnya sekolah tidak memilikinya. Pak guru Indra berpikir untuk membuat lebih dulu bel listrik tersebut; tetapi ia agak ragu untuk memulainya karena lupa gambar alatnya.
         Dengan senang hati pak guru indra mengangkat Anda sebagai mitra, konsultan, penasihat, atau apapun istilahnya untuk mewujudkan alat yang diinginkannya tersebut.

I. KRITERIA ALAT

         Kinerja alat yang Anda buat harus menghasilkan bunyi dan menunjukkan gejala elektromagnet dengan jelas.

 

II. TUGAS

a.       Anda  diminta untuk merancang dan  merakit  alat tersebut dengan baik dan rapi
b.      Buatlah sketsa alat yang akan Anda buat/rakit.
c.    Ajukan alat & bahan yang diperlukan kepada pembimbing Anda.
d.   Tuliskan konsep-konsep IPA yang terkait dengan alat yang telah Anda buat.
e.    Buatlah laporan tertulis cara merakit alat dan cara kerja alat.
f.     Buatlah Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dapat digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat IPA sederhana yang telah Anda buat/rakit.

PERMASALAHAN 9


        Hadi telah mempelajari materi pelajaran yang berkaitan dengan energi dan perubahannya. Konsep yang diterima dari gurunya tentang energi antara lain, energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk energi lainnya. Contohnya energi listrik dapat berubah menjadi energi cahaya, energi panas, atau energi gerak.
       Hadi dan kawan-kawannya sangat ingin membuat alat yang dapat menunjukkan semua hal yang berkaitan dengan perubahan energi. Mereka searching dari internet, bertanya, berdiskusi, serta mewawancarai orang yang dianggap lebih tahu untuk mewujudkan alat tersebut. Berbagai informasi, arahan, dan hasil diskusi dikonsultasikan kepada gurunya.
         Nach ………., jika Anda dianggap sebagai pakar dan ingin berkontribusi untuk membantunya, bagaimanakah bentuk akhir dari alat yang akan anda sarankan kepada Hadi dan kawan-kawan?

 

I. KRITERIA ALAT

         Alat yang Anda buat harus dapat menunjukkan adanya perubahan energi dengan jelas dan mudah difahami oleh siswa.

 

II. TUGAS

a.       Anda  diminta untuk merancang dan  merakit  alat perubahan energi untuk Hadi dan kawan-kawannya.
b.      Buatlah sketsa atau rancangan alat yang akan Anda buat/rakit.
c.    Ajukan alat & bahan yang diperlukan kepada pembimbing Anda.
d.   Tuliskan konsep-konsep IPA yang terkait dengan alat yang telah Anda buat.
e.    Buatlah laporan tertulis cara merakit alat dan cara kerja alat.
f.     Buatlah Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dapat digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat IPA sederhana yang telah Anda buat/rakit.

PERMASALAHAN 10


        Setiap makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang sama; yaitu dapat bergerak, bernafas, memiliki kepekaan terhadap rangsang, dan dapat berkembang biak. Santi tertarik dengan salah satu ciri yang dimiliki makhluk hidup, yaitu bernafas. Santi ingin mengetahui lebih jauh berapa banyak oksigen yang diperlukan oleh makhluk hidup untuk bernafas. Untuk menjawab rasa ingin tahunya, Santi ingin membuat suatu alat untuk menyelidikinya.  
Santi berfikir untuk mengajak Sinta, Santo, Siti, dan Suti untuk membuat alat tersebut. Mereka menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan sesuai dengan gambar yang diperolehnya dari suatu literatur yang telah dibacanya.
         Jika kelompok anda dimintai saran oleh kelompok 5S, bagaimanakah bentuk alat yang akan anda sarankan?

I. KRITERIA ALAT

         Alat yang Anda buat harus dapat digunakan untuk menyelidiki penggunaan oksigen ketika bernafas oleh suatu makhluk hidup.

 

II. TUGAS

a.       Anda  diminta untuk merancang dan  merakit  alat yang diingikan oleh Santi Cs.
b.      Gambarkan rancangan alat yang akan Anda buat/rakit.
c.    Ajukan alat & bahan yang diperlukan kepada pembimbing Anda.
d.   Tuliskan konsep-konsep IPA yang terkait dengan alat yang telah Anda buat.
e.    Buatlah laporan tertulis cara merakit alat dan cara kerja alat.
f.     Buatlah Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dapat digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat IPA sederhana yang telah Anda buat/rakit.

PERMASALAHAN 11


“Anak-anak pernahkah kalian berenang?” Tanya guru pada siswanya.
“Pernah pak, setiap minggu pak, sering pak” jawab siswa serentak.
“Senangkah kalian saat berenang?” Tanya guru
“Senang pak, dingin pak, sambil main lempar bola pak, si Anto bisa menyelam pak” jawab siswa.
“Anto,  adakah yang ingin kamu ceritakan saat berenang? Tanya guru
“Ih bapak nanya terus, padahal kami ingin diberi kesempatan untuk bertanya” sahut Anto.
Guru tertegun sesaat,…. “Okey kalau begitu, silahkan bertanya; tetapi bapak minta pertanyaannya yang berkaitan dengan pengalaman kalian saat berenang” jawab guru.
“Setuju, anak-anak” sambung guru tersebut.
“Setujuuuuuu” sahut siswa serentak.
“Silahkan siapa yang mau bertanya?” kata guru.
“Saya pak, saya pak,……… “ suara siswa berebut.
“Yang mau bertanya unjuk jari, nanti bapak tunjuk” jawab guru.
Selanjutnya :
“Pak, Bapak suka berenang juga?, Berenangnya dimana pak?” Tanya anak pertama.
“Pak, apa sebabnya kalau berenang badan merasa dingin? Tanya anak kedua.
“Pak, apa sebabnya bola yang dilempar ke air tidak menggelinding? Tanya anak ketiga.
“Pak, saat menyelam apa sebabnya semakin kedalam kok semakin susah?” Tanya Anto
“Terus apa sebabnya dada kita terasa sesak saat menyelam?” Lanjut Anto.
“Pak, dapatkah kita terus berenang semakin dalam? Tanya siswa lainnya.
“Apa yang akan terjadi jika kita berenang semakin dalam? Tanya siswa lainnya lagi.
“Adakah alat untuk menyelidikinya? Apa nama alatnya? Tanya siswa berikutnya.
“Dapatkah bapak membuatkan alat untuk menyelidiki saat berenang? Tanya siswa berikutnya lagi.
…… dan seterusnya, dan masih banya pertanyaan siswa lainnya.
(Sang guru bangga sekaligus teler atas berondongan pertanyaan siswa-siswanya. Dalam hatinya, sang guru bergumam, siswa-siswaku mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi; tetapi nampaknya mereka juga ingin balas dendam karena biasanya akulah banyak bertanya kepada siswa.)
Berdasarkan pembelajaran diatas kira-kira alat apakah yang dapat anda buat untuk menyelidiki pertanyaan Anto dan siswa lainnya?

I. KRITERIA ALAT

         Alat yang Anda buat harus dapat digunakan untuk menyelidiki/menunjukkan adanya perbedaan tekanan pada setiap kedalaman.

 

II. TUGAS

a.       Anda  diminta untuk merancang dan  merakit  alat yang akan digunakan untuk menyelidiki tekanan pad suatu kedalaman.
b.      Gambarkan rancangan alat yang akan Anda buat/rakit.
c.    Ajukan alat & bahan yang diperlukan kepada pembimbing Anda.
d.   Tuliskan konsep-konsep IPA yang terkait dengan alat yang telah Anda buat.
e.    Buatlah laporan tertulis cara merakit alat dan cara kerja alat.
f.     Buatlah Lembar Kerja Siswa ( LKS ) yang dapat digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat IPA sederhana yang telah Anda buat/rakit.

PERMASALAHAN 12



        Sebenarnya, samakah berat dengan massa? Ketika kita membeli 1 karung beras atau 1 kg gula, yang diitimbang itu beratnya atau massanya? Masih banyak pertanyaan lain yang berkaitan dengen berat dan massa.
Berat dan massa merupakan besaran fisika yang berbeda satu dengan yang lain. Memang, dalam kehidupan sehari-hari berat dianggap sama dengan massa. Jadi, berat dan massa boleh saja dianggap sama dalam kehidupan sehari-hari. Tegasnya tidak apa-apa alias tidak masaalah; tetapi ketika kita belajar IPA, berat dan massa harus dibedakan. Kalau berat dan massa dianggap sama pada saat belajar IPA, itu bisa jadi masalah; bahkan bisa jadi MASALAH BESAR. Gampang sih jika dilihat satuannya, berat satuannya newton sedangkan massa satuannya kilogram. Berat dipengaruhi oleh percepatan gravitasi dimana benda itu ditimbang; sedangkan massa tidak dipengaruhi gravitasi. Jadi sebenarnya timbangan yang ada di pasar adalah untuk mengukur massa benda.
Pak Yana dengan siswa-siswanya ingin menimbang beberapa benda untuk mengetahui massanya. Keinginan Pak Yana, setiap anak dapat menimbang sendiri setiap benda yang akan diukur massanya. Tetapi, sekolah hanya memiliki satu buah timbangan saja.
         Nach ………. Diskusikan dalam kelompok bagaimanakah cara untuk mengatasi keingian dari Pak Yana? Jika Anda akan membuatkan timbangan untuk Pak Yana, bagaimanakah bentuk timbangan yang akan anda buat?

 

I. KRITERIA ALAT

        Kapasitas timbangan yang anda buat harus dapat digunakan untuk menimbang massa benda sekitar 250 gram.

 

II. TUGAS

a.       Anda  diminta untuk merancang dan  merakit  timbangan sesuai kapasitas yang diinginkan.
b.      Gambarkan rancangan alat yang akan Anda buat/rakit.
c.    Ajukan alat & bahan yang diperlukan kepada pembimbing Anda.
d.   Tuliskan konsep-konsep IPA yang terkait dengan alat yang telah Anda buat.
e.    Buatlah laporan tertulis cara merakit alat dan cara kerja alat.
f.     Buatlah Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dapat digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat IPA sederhana yang telah Anda buat/rakit.

PERMASALAHAN 13


        Benda ada yang dapat menghantarkan arus listrik, ada juga yang tidak dapat menghantarkan arus listrik. Benda yang dapat menghantarkan arus listrik dinamakan konduktor; sedangkan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik dinamakan isolator.
Aang, Iing, Eeng, Uung, dan Oong ingin menyelidiki daya hantar listrik pada setiap benda. Mereka berfikir untuk membuat alat sederhana yang dapat digunakan untuk menyelidikinya. Sesungguhnyalah mereka hanya sekedar ingin, tetapi tidak tahu bagaimana bentuk dan cara membuat alat yang diingikannya.
Selamat............., anda sebagai guru yang sedang mengikuti diklat, diminta berdiskusi dalam kelompok untuk membantu mereka mewujudkan alat yang diinginkan mereka.

 

I. KRITERIA ALAT

         Alat yang Anda buat harus dapat digunakan untuk menentukan benda yang termsuk konduktor dan isolator secara jelas, tepat, akurat, tanpa ada keraguan sedikitpun.

 

II. TUGAS

a.       Anda  diminta untuk merancang dan  merakit  alat yang akan digunakan oleh Aang, Iing, Eeng, Uung, dan Oong
b.      Gambarkan rancangan alat yang akan Anda buat/rakit.
c.    Ajukan alat & bahan yang diperlukan kepada pembimbing Anda.
d.   Tuliskan konsep-konsep IPA yang terkait dengan alat yang telah Anda buat.
e.    Buatlah laporan tertulis cara merakit alat dan cara kerja alat.
f.     Buatlah Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dapat digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat IPA sederhana yang telah Anda buat/rakit.


Bandung, 12 Juni 2015

 

Terima kasih telah membaca artikel tentang PERANCANGAN & PERAKITAN ALAT PERAGA IPA SEDERHANA Kurikulum 2013 di blog KURIKULUM 2013 jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com