Friday, August 29, 2014

Perancangan Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran IPA

K13

Tujuan Kegiatan         :    Melalui  diskusi kelompok peserta mampu merancang penerapan
                                               pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA
Langkah Kegiatan       :

1.  Pelajari hand out dan contoh  penerapan pendekatan saintifik pada pebelajaran IPA
2.   Isilah Lembar Kerja perancangan  pembelajaran yang tersedia
3.  Setelah selesai, presentasikan hasil diskusi kelompok Anda
4.  Perbaiki hasil kerja kelompok Anda jika ada masukan dari kelompok lain


Kompetensi Dasar
:

Topik /Tema
:

Sub Topik/Tema
:

Tujuan Pembelajaran
:

Alokasi Waktu
:


Tahapan Pembelajaran
Kegiatan
Mengamati


Menanya


Mengumpulkan informasi




Mengasosiasikan



Mengkomunikasikan








R-3.1a
 



Rubrik Penerapan Pendekatan Saintifik Pembelajaran IPA

Rubrik  perancangan penerapan saintifik  ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil rancangan peserta pelatihan dalam merancang contoh penerapan pendekatan saintifik  pada pembelajaran  satu topik IPA. 
Langkah-langkah penilaian hasil analisis
1.    Cermati   tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK -3.1a
2.    Berikan nilai pada rancangan sesuai dengan penilaian Anda terhadap  hasil rancangan peserta

Penilaian LK- 3.1a

PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Amat Baik ( AB)
 90 < AB ≤ 100
1.       Identitas: topik, sub topik, KD dan tujuan pembelajaran dan alokasi waktu lengkap dan benar
2.       Kegiatan mengamati,menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengomunikasikansesuai dengan topik/sub topik, KD, tujuan dan alokasi waktu
3.       Kegiatan mengamati,menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengomunikasikan lengkap, sistematis dan logis atau benar secara konsep
Baik  (B)
80 < B ≤ 90
Ada 2 aspek sesuai dengan kriteria, 1 aspek kurang sesuai
Cukup (C)
 70 < C  ≤ 80
Ada 1  aspek sesuai dengan kriteria, 2 aspek kurang sesuai
Kurang (K)
≤ 70
Ketiga aspek kurang sesuai
Previous Post
Next Post

0 komentar: