Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan
K13 - Standar Kompetensi Lulusan adalah
kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap,
pengetahuan, dan keterampilan.
Standar
Kompetensi Lulusan digunakan sebagai acuan utama pengembangan standar isi,
standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga
kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar
pembiayaan.
Kompetensi
lulusan satuan pendidikan SMP/MTs/SMPLB/Paket B diuraikan masing-masing berikut ini
DIMENSI
|
KOMPETENSI
LULUSAN
|
SIKAP
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak
mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
|
KETERAMPILAN
|
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam
ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang dipelajari di sekolah atau
sumber lain yang sama dengan yang diperoleh dari sekolah.
|
PENGETAHUAN
|
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dalam
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang
tampak mata.
|
B. Standar Isi Mata Pelajaran IPA
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari
tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan
kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau
prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Proses
pembelajaran IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk
mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara
ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk inkuiri
dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh
pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar. Oleh karena itu
pembelajaran IPA di SMP/MTs menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara
langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap
ilmiah.
Berikut ini uraian tujuan, Standar Isi, Kompetensi
Inti dan Kompetensi Dasar Mata pelajaran
IPA
1. Tujuan
Mata
pelajaran IPA di SMP/MTs bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan
sebagai berikut.
a.
Meningkatkan keyakinan terhadap
kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan
alam ciptaanNya
b.
Mengembangkan pemahaman tentang
berbagai macam gejala alam, konsep dan prinsip IPA yang bermanfaat dan dapat
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
c.
Mengembangkan rasa ingin tahu,
sikap positif, dan kesadaran terhadap adanya hubungan yang saling mempengaruhi
antara IPA, lingkungan, teknologi, dan masyarakat
d.
Melakukan inkuiri ilmiah untuk
menumbuhkan kemampuan berpikir, bersikap dan bertindak ilmiah serta berkomunikasi
e.
Meningkatkan kesadaran untuk
berperanserta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan serta
sumber daya alam
f.
Meningkatkan kesadaran untuk
menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan
g.
Meningkatkan pengetahuan, konsep,
dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.
2.
Lingkup Materi IPA
Ruang lingkup materiIPA mencakup pengetahuan,
keterampilan, sikap dan nilai yang dirumuskan dalam kompetensi dasar IPA
yang harus dimilikipeserta didik. Kompetensi IPA di SMP dan MTS merupakan
kelanjutan dari kompetensi IPA di SDdimana pada Kurikulum
2013 aspek fisika, kimia, dan biologi telah terintegrasi dalam mata
pelajaran IPA.
Lingkup Materi atau Muatan
Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs (Permendikbud nomor 64 tahun
2013 tentang Standar Isi) adalah sebagai berikut.
Tingkat Kompetensi
|
Kelas
|
Kompetensi
|
Lingkup Materi
|
4
|
VII dan VIII
|
- Menunjukkan perilaku keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esasebagai
hasil dari penyelidikan terhadap objek IPA
- Memiliki sikap ilmiah: rasa ingintahu, logis, kritis, analitis,
jujur, dan tanggung jawab melalui IPA
- Mengajukan pertanyaan tentang fenomena IPA, melaksanakan percobaan,
mencatat dan menyajikan hasil penyelidikan dalam bentuk tabel dan grafik,
menyimpulkan, serta melaporkan hasil penyelidikan secara lisan maupun
tertulis untuk menjawab pertanyaan tersebut
-
Memahami konsep dan
prinsip IPA serta saling keterkaitannya dan diterapkan dalam menyelesaikan
masalah
|
- Ciri-ciri dan klasifikasi makhlukhidup, sistem organisasikehidupan
- Sistem pernafasan, pencernaan,peredaran darah, strukturrangka, otot,
struktur dan fungsi sistem ekskresi pada manusia
- Fotosintesis, respirasi, danstruktur jaringan tumbuhan
- Perubahan fisika dan kimia,karakteristik zat, sifat bahan dan
pemanfaatannya
- Pengukuran, gerak, gaya,tekanan, energi, dan usaha
- Getaran, gelombang, bunyi,cahaya, dan alat optik
- Suhu dan kalor
- Zat aditif makanan, zat adiktifdan psikotropika
- Struktur bumi dan tata surya
- Interaksi antar makhluk hidupdan lingkungan, pencemaran dan
pemanasan global
|
4a
|
IX
|
- Memiliki perilaku beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai hasil
dari penyelidikan terhadap objek IPA
- Memiliki sikap ilmiah: rasa ingintahu, logis, kritis, analitis,
jujur,dan tanggung jawab melalui IPA
- Mengajukan pertanyaan tentang fenomena IPA, merumuskan hipotesis,
mendesain dan melaksanakan percobaan, mencatat dan menyajikan hasil
penyelidikan dalam bentuk tabel dan grafik, menyimpulkan, serta melaporkan
hasil penyelidikan secara lisan maupun tertulis untuk menjawab pertanyaan
tersebut
- Memahami konsep dan prinsip IPA serta saling keterkaitannya dan
diterapkan dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan
|
- Sistem reproduksi manusia, tumbuhan, dan hewan
- Pewarisan sifat
- Tanah dan organism yang hidup di dalamnya
- Kelistrikan, kemagnetan, dan induksi elektromagnetik
- Partikel penyusun atom dan molekul
- Pertumbuhan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
- Produk bioteknologi dan penerapannya dalam produksi pangan
- Produk teknologi yang merusakdan ramah lingkungan
|
*Tingkat
Kompetensi merupakan kriteria capaian Kompetensi yang bersifat generik yang
harus dipenuhi oleh peserta didik pada setiap tingkat kelas dalam rangka
pencapaian Standar Kompetensi Lulusan.
0 komentar: