K13
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran IPA
1.
Kompetensi Inti ( KI )
Kompetensi inti dirancang seiring dengan
meningkatnya usia peserta didik pada kelas tertentu. Melalui kompetensi inti,
integrasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada kelas yang berbeda dapat
dijaga.
Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi
sebagai berikut:
-
Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk
kompetensi inti sikap spiritual;
-
Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk
kompetensi inti sikap sosial;
-
Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk
kompetensi inti pengetahuan; dan
-
Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk
kompetensi inti keterampilan.
Kompetensi
Inti SMP/MTS
KOMPETENSI INTI KELAS VII
|
KOMPETENSI INTI KELAS VIII
|
KOMPETENSI INTI KELAS IX
|
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku
jujur,disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,gotong royong), santun,
percaya diri,dalam berinteraksisecara efektif denganlingkungan sosial dan alamdalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi,gotong royong), santun, percaya diri,dalam berinteraksisecara
efektif dengan lingkungan sosial dan alamdalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
|
3. Memahami pengetahuan(faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3. Memahamidan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
4.
Mencoba, mengolah, danmenyajidalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai,
memodifikasi,dan membuat)dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajaridisekolahdan sumber lainyang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranahabstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang/teori
|
4. Mengolah, menyaji,dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai,merangkai, memodifikasi,dan membuat)dan ranahabstrak
(menulis,membaca,menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuaidengan yang dipelajaridi sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
c. Kompetensi Dasar ( KD)
Kompetensi
dasar dirumuskan untuk mencapai kompetensi inti.Rumusan kompetensi dasar
dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal,
serta ciri dari suatu Matapelajaran. Kompetensi dasar dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan
pengelompokkan kompetensi inti sebagai berikut:
1. kelompok 1: kelompok kompetensi dasar sikap spiritual dalam
rangka menjabarkan KI-1;
2. kelompok 2: kelompok kompetensi dasar sikap sosial dalam
rangka menjabarkan KI-2;
3. kelompok 3: kelompok kompetensi dasar pengetahuan dalam
rangka menjabarkan KI-3; dan
4. kelompok 4: kelompok kompetensi dasar keterampilan dalam
rangka menjabarkan KI-4.
KD IPA diorganisasikan ke dalam empat
Kompetensi Inti (KI). Kompetensi Inti (KI) 1 berkaitan dengan sikap diri
terhadap Tuhan Yang Maha Esa.Kompetensi Inti (KI) 2 berkaitan dengan karakter
diri dan sikap sosial.Kompetensi Inti (KI) 3 berisi KD tentang pengetahuan
terhadap materi ajar, sedangkan Kompetensi Inti (KI) 4 berisi KD tentang keterampilan
terhadap materi IPA.
Kurikulum 2013 mengembangkan dua modus proses
pembelajaran yaitu proses pembelajaran langsung dan proses pembelajaran tidak
langsung. Pembelajaran dibagi menjadi pembelajaran langsung maupun pembelajaran
tidak langsung yang terjadi secara terintegrasi dan tidak terpisah.
Pembelajaran langsung berkenaan dengan pembelajaran yang menyangkut KD yang
dikembangkan dari KI-3 dan KI-4. Keduanya, dikembangkan secara bersamaan dalam
suatu proses pembelajaran dan menjadi wahana untuk mengembangkan KD pada KI-1
dan KI-2. Pembelajaran tidak langsung berkenaan dengan pembelajaran yang
menyangkut KD yang dikembangkan dari KI-1 dan KI-2. Proses pembelajaran langsung adalah proses
pendidikan di mana peserta didik mengembangkan pengetahuan, kemampuan berpikir
dan keterampilan psikomotorik melalui interaksi langsung dengan sumber belajar
yang dirancang dalam silabus dan RPP berupa kegiatan-kegiatan pembelajaran.
Dalam pembelajaran langsung tersebut peserta didik melakukan kegiatan belajar
mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi atau menganalisis, dan
mengkomunikasikan apa yang sudah ditemukannya dalam kegiatan analisis. Proses
pembelajaran langsung menghasilkan pengetahuan dan keterampilan langsung atau
yang disebut dengan instructional effect.
Pembelajaran
tidak langsung adalah proses pendidikan yang terjadi selama proses pembelajaran
langsung tetapi tidak dirancang dalam kegiatan khusus. Pembelajaran tidak
langsung berkenaan dengan pengembangan nilai dan sikap. Berbeda dengan
pengetahuan tentang nilai dan sikap yang dilakukan dalam proses pembelajaran
langsung oleh mata pelajaran tertentu, pengembangan sikap sebagai proses
pengembangan moral dan perilaku dilakukan oleh seluruh mata pelajaran dan dalam
setiap kegiatan yang terjadi di kelas, sekolah, dan masyarakat.
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata pelajaran IPA
KELAS:
VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mengagumi keteraturan
dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan
dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya
dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
1.1
Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
1.2
Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
1.3
Menunjukkan perilaku
bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
1.4
Menunjukkan penghargaan
kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
|
3.
Memahami
pengetahuan(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami konsep pengukuran berbagaibesaran yang
ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian
dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam
pengukuranMengidentifikasi ciri hidup dan tak hidupdari benda-benda
3.2 dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
3.3 Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup
dan benda-benda tak- hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta
mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup
berdasarkan ciri yang diamati
3.4 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi
kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi utama
penyusun sel
3.5
Memahami karakteristik
zat, sertaperubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk
kehidupan sehari-hari
3.6
Mengenal konsep energi,
berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasienergi, respirasi, sistem
pencernaan makanan, dan fotosintesis
3.7
Memahami konsep suhu,
pemuaian,kalor, perpindahan kalor,dan penerapannya dalam mekanisme menjaga
kestabilan suhu tubuh pada manusiadan hewan serta dalam kehidupan sehari-hari
3.8
Mendeskripsikan
interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya
3.9
Mendeskripsikan
pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup
3.10 Mendeskripsikan tentang penyebabterjadinya
pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem
|
4.
Mencoba, mengolah, danmenyajidalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi,dan membuat)dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajaridisekolahdan sumber lainyang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1. Menyajikan hasilpengukuran
terhadapbesaran-besaranpada diri,makhluk hidup, dan lingkungan fisikdengan
menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
4.2. Menyajikan hasilanalisisdata observasi
terhadap benda (makhluk) hidupdan tak hidup
4.3. Mengumpulkan data dan melakukan
klasifikasiterhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan
yang ada di lingkungan sekitar
4.4. Melakukan pengamatan dengan bantuan alatuntuk
menyelidikistruktur tumbuhan dan hewan
4.5. Membuat dan menyajikan poster tentang seldan
bagian-bagiannya
4.6. Melakukan pemisahan campuran berdasarkan
sifatfisikadan kimia
4.7. Melakukan penyelidikan untuk
menentukan sifatlarutan yang ada di lingkungan
sekitarmenggunakan indikatorbuatan maupun alami.
4.8. Melakukan pengamatan atau percobaan sederhana
untuk menyelidikiprosesfotosintesispada tumbuhan hijau
4.9. Melakukan pengamatan atau percobaan
untuk menyelidikirespirasipada hewan.
4.10. Melakukan percobaan untuk menyelidiki suhu dan
perubahannya serta pengaruh
kalor terhadap perubahan suhu danperubahan wujud
benda
4.11. Melakukan penyelidikan terhadapkarakteristikperambatan
kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
4.12. Menyajikan hasilobservasi terhadap
interaksimakhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
4.13. Menyajikan data dan informasitentang pemanasan
globaldan memberikan usulan penanggulangan masalah
|
KELAS:
VIII
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mengagumi keteraturan
dan kompleksitasciptaan Tuhan
tentang aspek fisikdan kimiawi,kehidupan dalam ekosistem,dan peranan manusia
dalam lingkungan sertamewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur,disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,gotong
royong), santun, percaya diri,dalam berinteraksisecara efektif denganlingkungan
sosial dan alamdalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti;cermat; tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2
Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagaiwujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3
Menunjukkan perilaku
bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitassehari-hari
2.4
Menunjukkan penghargaan
kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.1
Memahami gerak lurus,
dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, serta penerapannya
pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari.
3.2
Menjelaskan keterkaitan
struktur
jaringan tumbuhan dan
fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh
struktur tersebut
3.3
Mendeskripsikan
keterkaitan sifat bahan
dan pemanfaatannya
dalam kehidupan sehari-hari, serta pengaruh pemanfaatan bahan tertentu
terhadap kesehatan manusia
3.4
Mendeskripsikan
struktur rangka dan otot manusia, serta fungsinya padaberbagai kondisi
3.5
Mendeskripsikan
kegunaan pesawat
sederhana dalam
kehidupan sehari-hari dan hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka
manusia.
3.6
Mendeskripsikan sistem
pencernaan serta keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem peredaran
darah, dan penggunaan energi makanan
3.7
Mendeskripsikan zat
aditif (alami dan
buatan) dalam makanan
dan minuman (segar dan dalam kemasan), dan zat adiktif-psikotropika serta
pengaruhnya terhadap kesehatan
3.8
Memahami tekanan pada
zat cair dan
penerapannya dalam
kehidupan sehari- hari untuk menjelaskan tekanan darah, difusi pada peristiwa
respirasi, dan tekanan osmosis
3.9
Menjelaskan struktur
dan fungsi sistem
eksresi pada manusia
dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri.
3.10
Memahami konsep
getaran, gelombang, bunyi, dan pendengaran, serta penerapannya dalam sistem
sonar pada hewan dan dalam kehidupan sehari-hari
3.11
Mendeskripsikan
sifat-sifat cahaya,
pembentukan bayangan,
serta aplikasinya untuk menjelaskan penglihatan manusia, proses pembentukan
bayangan pada mata serangga, dan prinsip kerja alat optik
3.12
Mendeskripsikan
struktur bumi untuk menjelaskan fenomena gempa bumi dan gunung api, serta
tindakan yang diperlukan untuk mengurangi resiko bencana.
3.13
Mendeskripsikan karakteristik
matahari,
bumi, bulan, planet,
benda angkasa lainnya dalam ukuran, struktur, gaya gravitasi, orbit, dan
gerakannya, serta pengaruh radiasi matahari terhadap kehidupan di bumi
3.14
Mendeskripsikan gerakan
bumi dan bulan terhadap matahari serta menjelaskan perubahan siang dan malam,
peristiwa gerhana matahari dan gerhana bulan, perubahan musim serta dampaknya
bagi kehidupan di bumi
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranahabstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Melakukan penyelidikan
tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan tentang pengaruh gaya
terhadap gerak.
4.2
Melakukan pengamatan
terhadap struktur jaringan tumbuhan, sertamenghasilkan ide teknologi
sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain bangunan)
4.3
Melakukan penyelidikan
tentang sifat- sifat bahan dan mengusulkan ide-ide
pemanfaatan bahan
berdasarkan sifatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.4
Menyajikan tulisan
tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi
makanan dan perilaku sehari-hari
4.5
Melakukan penyelidikan
tentang keuntungan mekanik pada pesawat
sederhana
4.6
Melakukan penyelidikan
tentang
pencernaan mekanis dan
enzimatis pada makanan
4.7
Menyajikan data,
informasi, dan mengusulkan ide pemecahan masalah untuk menghindari terjadinyapenyalahgunaan
zat aditif dalam makanan dan minuman serta zat adiktif-psikotropika
4.8
Melakukan percobaan
untuk menyelidiki tekanan cairan pada kedalaman tertentu,
gaya apung, kapilaritas
(menyelidiki transport cairan dalam batang tumbuhan) dan tekanan cairan pada
ruang tertutup
4.9
Membuat peta pikiran
(mapping mind)
tentang struktur dan
fungsi sistem eksresi pada manusia dan penerapanya dalam menjaga kesehatan
diri.
4.10
Melakukan pengamatan
atau percobaan tentang getaran, gelombang, dan bunyi
4.11
Membuat laporan hasil
penyelidikan tentang pembentukan bayangan pada cermin, lensa, dan alat optik
4.12
Menyajikan laporan
hasil pengamatan atau penelusuran informasi tentang karakteristik komponen
tata surya
|
KELAS:
IX
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mengagumi keteraturan
dan kompleksitasciptaan Tuhan
tentang aspek fisikdan kimiawi,kehidupan dalam ekosistem,dan peranan manusia
dalam lingkungan sertamewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang
dianutnya
|
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur,disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,gotong
royong), santun, percaya diri,dalam berinteraksisecara efektif dengan
lingkungan sosial dan alamdalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
2.2
Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujudimplementasi
dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3
Menunjukkan perilaku
bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitassehari-hari
|
3.
Memahamidan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
|
3.1
Mendeskripsikan
strukturdan fungsi sistemreproduksi pada manusia, kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi dan penerapan pola
hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
3.2
Memahamireproduksi pada
tumbuhan dan hewan, sifatketurunan, serta
kelangsungan makhluk hidup
3.3
Mendeskripsikan
penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
3.4
Mendeskripsikanatomdan
partikel penyusunnya, ion dan molekul,sertahubungannya dengan karakteristik
bahan/material yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
3.5
Memahamikonsep
listrikstatis,muatan listrik,potensiallistrik,hantaran listrik,
kelistrikanpada sistemsyarafdan contohnya pada hewan-hewanyang mengandung listrik
3.6
Mendeskripsikan
karakteristikrangkaian listrik,transmisienergilistrik,sumber- sumber
energilistrikalternatif(termasuk bioenergi),berbagai upaya dalam menghemat
energilistrik,serta penggunaan teknologilistrikdi lingkungan sekitar
3.7
Mendeskripsikan konsep
medan magnet,induksi elektromagnetik,danpenggunaannya dalam produk teknologi, sertapemanfaatan medan
magnet dalam pergerakan/navigasi hewan untuk mencarimakanan dan migrasi
3.8
Mengidentifikasiproses
dan hasil pewarisan sifatsertapenerapannya dalam pemuliaan mahluk hidup
3.9
Mendeskripsikan
penerapan bioteknologi dalam
mendukung kelangsungan hidup manusia melaluiproduksi pangan
3.10
Membedakan proses dan
produk teknologi yang merusak lingkungan danramah lingkungan
|
4.
Mengolah, menyaji,dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai,
memodifikasi,dan membuat)dan ranahabstrak (menulis,membaca,menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuaidengan yang dipelajaridi sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Menyajikan hasilpenelusuran
informasi dariberbagai sumber tentang penyakit menular seksual dan upaya pencegahannya
4.2
Menyajikan karya
hasilperkembangbiakan pada tumbuhan
4.3
4.4
4.5
Melakukan penyelidikan
untuk menemukan karakteristikrangkaian listrik,sertahubungan energilistrik
dengan tegangan, kuat arus dan waktu pemakaian
4.6
Membuat karya sederhana
yang memanfaatkan prinsipelektromagnetik dan/atau induksi elektromagnetik
4.7
Melakukan percobaan
sederhana untuk menemukan hukum pewarisan sifat
mahluk hidup
4.8
Menyajikan
hasilpenyelidikan, ide-ide, atau peneluran informasitentang
penerapan
bio-teknologidalam mendukung kelangsungan hidup manusia melaluiproduksi
pangan
4.9
Menyajikan data dan
informasitentang proses dan produk teknologiyang tidak
merusak lingkungan
4.10
Melakukan penyelidikan
tentang fungsi tanah bagi keberlangsungan kehidupan
|
CONTOH KETERKAITAN KD dari
KI 3, KI 4 dengan KD dari KI 2 dan KI 1
Mata Pelajaran : IPA
Topik :
Pengukuran
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPTENSI
DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya
|
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2
Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
3. Memahami pengetahuan(faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami konsep pengukuran berbagaibesaran yang
ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian
dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam
pengukuran
|
4. Mencoba, mengolah, danmenyajidalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi,dan membuat)dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajaridisekolahdan sumber lainyang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Menyajikan
hasilpengukuran terhadapbesaran-besaranpada diri,makhluk hidup, dan
lingkungan fisikdengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
|
0 komentar: