Topik /Tema
|
Energi dalam Kehidupan
|
Sub Topik/Tema
|
Fotosintesis
|
Kompetensi Dasar
|
3.6.
Mengenal konsep energi,
berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasienergi, respirasi, sistem
pencernaan makanan, dan fotosintesis
4.6 Melakukan
pengamatan atau percobaan sederhana untuk menyelidikiprosesfotosintesispada tumbuhan
hijau
|
Tujuan Pembelajaran
|
-
Melakukan percobaan agar peserta
didik mampu menemukan zat yang dihasilkan pada proses fotosintesis
-
Mengidentifikasi komponen-komponen yang terlibat dalam fotosintesis
berdasarkan data hasil percobaan
-
Mengidentifikasi perubahan energi yang terjadi pada fotosintesis
-
Menjelaskan proses yang terjadi pada fotosintesis
|
Alokasi Waktu
|
1x
pertemuan (3 JP)
|
Tahapan Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Mengamati
|
-
Pada kegiatan ini guru meminta peserta didik mengamati gambar yang berkaitan dengan aktivitas
manusia, makanan, tumbuhan hijau, dan matahari. Seperti gambar yang terdapat
pada buku siswa dibawah ini.
-
Peserta didik mengamati gambar tersebut
|
Menanya
|
Guru memberi
kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya setelah mereka mengamati
gambar. Contoh pertanyaan yang berkaitan dengan pengamatan peserta didik
-
Mengapa manusia atau hewan bisa beraktivitas?
-
Berasal darimanakah energi yang diperoleh oleh makhluk hidup?
-
Bagaimana kaitan antara sumber energi, makanan, dan tumbuhan hijau?
|
Mengumpulkan Informasi
|
Setelah
kegiatan tanya jawab guru memfasilitasi peserta didik untuk menemukan jawaban
dengan cara :
-
Melakukan percobaan sederhana untuk menyelidiki apakah cahaya
mempengaruhi proses fotosintesis
-
Mencatat data hasil pengamatan
pada kolom yang tersedia pada
lembar kegiatan “ Fotosintesis”
-
Dari percobaan ini peserta didik
akan mengumpulkan informasi tentang peran cahaya dalam fotosintesis
|
Mengasosiasikan
|
Setelah
mengumpulkan informasi melalui pengamatan dan mencatat hasil pengamatan,
peserta didik mengasosiasikan pengetahuan yang didapat dari percobaan dan
buku sumber dengan cara:
-
Mendiskusikan hasil pengamatan
dengan memperhatikan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kegiatan
-
Menyimpulkan pengaruh cahaya terhadap proses fotosintesis
|
Mengkomunikasikan
|
Setelah
menemukan kesimpulan, peserta didik membuat laporan dan peserta didik dapat menyampaikan laporan
hasil pengamatan dan kesimpulannya tentang pengaruh cahaya terhadap proses
fotosintesis
Pada
kegiatan ini peserta didik dapat melakukan tanya jawab.
|
Pada pembelajaran
IPA, penerapan pendekatan saintifik berkaitan dengan pengembangan keterampilan
proses sain peserta didik . Seperti pada hand- out keterampilan proses
sain terdiri dari keterampilan proses
dasar dan terpadu . Guru dapat
mengidentifikasi keterampilan proses apa saja yang dilatihkan pada suatu kegiatan
pembelajaran baik eksperimen maupun non eksperimen.
Keterampilan proses sain yang
dapat dilatihkan pada kegiatan pembelajaran fotosintesis. Contohnya adalah :
Keterampilan
Proses
|
Uraian
Keterampilan
|
Mengamati
|
Mengamati gambar yang berkaitan dengan aktivitas
manusia, makanan, tumbuhan hijau, dan matahari.
|
Mengukur
|
Memperkirakan jumlah
gelembung yang muncul pada saat percobaan
|
Menyimpulkan
|
Menyimpulkan pengaruh
cahaya terhadap proses fotosintesis
|
Mengontrol variabel
|
Variabel manipulasi:
keberadaan cahaya (tempat gelap dan tempat terang)
Variabel respon:
jumlah gelembung
Variabel control:
jenis tumbuhan, wadah, volume air.
Melakukan pengujian
dan pengamatan dengan cara yang sama
|
Menginterpretasikan
data
|
Mengolah data dengan
melihat pola dan kecenderungan data pengujian terhadap jumlah gelembung di
dua tempat berbeda berdasarkan data kelas
|
Mengkomunikasikan
|
Membuat laporan
praktikum dan presentasi hasil percobaan
|
0 komentar: