Tujuan
Kegiatan : Melalui diskusi kelompok
peserta mampu merancang penerapan
pendekatan
saintifik pada pembelajaran IPA
Langkah Kegiatan :
1. Pelajari hand out dan
contoh penerapan pendekatan saintifik
pada pebelajaran IPA
2. Isilah Lembar Kerja
perancangan pembelajaran yang tersedia
3. Setelah selesai, presentasikan hasil diskusi kelompok Anda
4. Perbaiki hasil kerja kelompok Anda jika ada masukan dari kelompok lain
Kompetensi
Dasar
|
:
|
|
Topik
/Tema
|
:
|
|
Sub
Topik/Tema
|
:
|
|
Tujuan
Pembelajaran
|
:
|
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
Tahapan Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Mengamati
|
|
Menanya
|
|
Mengumpulkan informasi
|
|
Mengasosiasikan
|
|
Mengkomunikasikan
|
R-3.1a
|
Rubrik Penerapan Pendekatan Saintifik
Pembelajaran IPA
Rubrik perancangan penerapan saintifik ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil
rancangan peserta pelatihan dalam merancang contoh penerapan pendekatan
saintifik pada pembelajaran satu topik IPA.
Langkah-langkah
penilaian hasil analisis
1.
Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan
pada LK -3.1a
2.
Berikan
nilai pada rancangan sesuai dengan penilaian Anda terhadap hasil rancangan peserta
Penilaian
LK- 3.1a
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Amat
Baik ( AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
1.
Identitas: topik, sub topik, KD dan
tujuan pembelajaran dan alokasi waktu lengkap dan benar
2.
Kegiatan mengamati,menanya,
mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengomunikasikansesuai dengan
topik/sub topik, KD, tujuan dan alokasi waktu
3.
Kegiatan mengamati,menanya,
mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengomunikasikan lengkap, sistematis
dan logis atau benar secara konsep
|
Baik (B)
|
80
< B ≤
90
|
Ada
2 aspek sesuai dengan kriteria, 1 aspek kurang sesuai
|
Cukup
(C)
|
70 < C ≤ 80
|
Ada
1 aspek sesuai dengan kriteria, 2
aspek kurang sesuai
|
Kurang
(K)
|
≤
70
|
Ketiga
aspek kurang sesuai
|
0 komentar: