PERANCANGAN & PERAKITAN ALAT IPA SEDERHANA
Oleh
Drs. Yamin Winduono, M.Pd.
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK
DAN TENAGA KEPENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Jln. Diponegoro No. 12 Tlp. (022) 4231191 Fax. 4207922 Bandung-40115
PERMASALAHAN 1
Si Amir dan teman-temannya mempunyai hobby
bermain perang-perangan. Perlengkapan perangnya tentunya senjata-senjataan, seperti
senapan dari batang daun pisang, pisau dari kayu, pistol karet berpeluru biji kersen atau
terung muda, dan sebagainya. Amir dan
teman-temannya sedang berpikir untuk mengembangkan satu alat tambahan yang dapat digunakan untuk
memata-matai atau mengawasi musuhnya. Dengan menggunakan alat tersebut, diharapkan
posisi yang menjadi musuh (bo’ongan) dapat diawasinya tanpa sang musuh
menyadarinya. Dalam bayangan Amir Cs, alat tersebut seperti alat untuk melihat
yang digunakan dalam kapal selam.
Namun,
Amir Cs masih kebingungan memikirkan bentuk, prinsip kerja, dan ukuran dari
alat yang diidam-idamkannya. Nach ………., karena Amir Cs masih/sedang
kebingungan,anda dimintai tolong/bantuan untuk mendisain sekaligus membuatkan
alat pengintai musuh (bo’ongan), sehingga pada setiap pertempuran
(bo’ong-bo’angan juga) mereka dapat
memenangkannya.
I. KRITERIA ALAT
Alat yang dirancang dan dibuat harus
dapat digunakan untuk melihat atau mengawasi orang lain/benda tanpa
diketahui/disadari oleh orang tersebut.
II. TUGAS
a. Lakukan
analisis KI/KD yang sesuai dengan masalah yang anda terima
b. Anda diminta untuk merancang dan merakit
alat yang diinginkan Amir Cs.
c.
Buatlah
sketsa alat yang akan Anda buat/rakit.
d.
Ajukan alat & bahan yang diperlukan kepada
pembimbing Anda.
e. Tuliskan konsep-konsep IPA yang
terkait dengan alat yang telah Anda buat.
f.
Buatlah
laporan urutan cara merakit alat dan cara kerja alat.
g. Buatlah Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dapat
digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat IPA sederhana yang telah
Anda buat/rakit.
PERMASALAHAN 2
Pak
Bakrie Oemar seorang
guru honorer di SD Negeri Ciawi Meulit selalu mengalami kesulitan jika
menjelaskan ciri-ciri rangkaian seri dengan rangkaian paralel
pada SK/KD yang berkaitan dengan materi listrik. Pak Bakrie Oemar sudah mencoba
dan bersusah payah dengan berbagai cara untuk menjelaskan ciri-ciri pada kedua
rangkaian tersebut. Tetapi ternyata, siswa-siswanya tetap tidak mengerti terhadap
apa yang telah dijelaskannya, karena Pak Bakrie Oemar hanya menggunakan/hanya
memiliki/hanya meyakini keampuhan metoda cermah.
Sesungguhnya, hati kecilnya Pak Bakrie
Oemar sebenarnya ingin membuat satu alat yang dapat digunakan untuk menunjukkan
dan menjelaskan ciri-ciri kedua rangkaian listrik tersebut. Tetapi alat yang
diinginkannya hanya ada dalam angannya saja; sebab, selain keterampilan
merancang/merakit alat tidak dimilikinya, sesungguhnyalah begitu selesai mengajar
Pak Bakrie Oemar langsung melakukan
kesibukan lainnya yaitu sebagai pengojek sepedah pancal, yang sudah
ditekuninya sejak lama.
Nach …………., karena Pak Bakrie Oemar
adalah seorang guru yang super sibuk, Anda diminta bantuannya untuk merancang dan membuatkan
alat yang diinginkannya.
I. KRITERIA ALAT
Alat yang Anda buat harus dapat
digunakan untuk menunjukkan dan menjelaskan ciri-ciri/ perbedaan antara
rangkaian seri dan rangkaian paralel.
II. TUGAS
a.
Anda diminta
untuk merancang
dan merakit alat yang dapat digunakan untuk menjelaskan ciri-ciri
dan perbedaan
antara rangkaian
seri dan rangkaian paralel yang
diinginkan Pak Bakrie Oemar.
b. Buatlah sketsa alat yang akan Anda
buat/rakit.
c. Ajukan alat & bahan
yang diperlukan kepada pembimbing Anda.
d. Tuliskan konsep-konsep IPA yang
terkait dengan alat yang telah Anda buat.
e.
Buatlah
laporan urutan cara merakit alat dan cara kerja alat.
f. Buatlah Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dapat
digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat IPA sederhana yang telah
Anda buat/rakit.
PERMASALAHAN 3
Desa Sesukanya
Maju terletak di lereng sebuah gunung yang berhutan lebat. Setiap hari,
mentari pagi bersinar dengan lembutnya, sementara suara burung dan margasatwa
lainnya saling menyapa bersahutan penuh keceriaan. Sementara, air sungai yang jernih mengalir bergemercik
lembut mencerminkan keasrian lingkungannya.
Itu
adalah keadaan Desa Sesukanya Maju kira-kira 25 tahun yang lalu. Sekarang
hutannya gunduuuuul-dul, tanahnya
keriiiiing-ring, sungainya kadang-kadang sering tak berair, kadang-kadang
sering airnya meluap dengan ganasnya. Banjir di Desa Sesukanya Maju merupakan
cerita buruk yang terus terjadi,
berulang setiap tahun.
Salah seorang penduduk
yang sangat menghawatirkan datangnya
banjir adalah I Made Bloom Soonat (cucunda dari mantan Letnan Company Zlaas Tack Soonat),
Selanjutnya, …. dst, …… dst, akhirnya, …………………… sekian.
Maaf
……………., ini hanya sekedar cerita, tugas Anda adalah menolong penduduk Desa
Sesukanya Maju (terutama I Made Bloom Soonat) dengan membuatkan sebuah alat yang dapat
digunakan untuk mengantisipasi datangnya bahaya banjir dengan tepat dan akurat.
I. KRITERIA ALAT
Alat yang Anda buat harus dapat
digunakan oleh orang untuk mengantisipasi datangnya bahaya banjir.
II. TUGAS
a.
Anda
diminta untuk merancang dan
merakit alat yang akan digunakan
I Made untuk mengantisipasi datangnya bahaya banjir.
b. Buatlah sketsa alat yang akan Anda
buat/rakit.
c. Ajukan alat & bahan
yang diperlukan kepada pembimbing Anda.
d. Tuliskan konsep-konsep IPA yang
terkait dengan alat yang telah Anda buat.
e.
Buatlah
laporan urutan cara merakit alat dan cara kerja alat.
f. Buatlah Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dapat
digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat IPA sederhana yang telah
Anda buat/rakit.
PERMASALAHAN 4
Di suatu desa sering dilaksanakan tapa bisu (sebagai instrospeksi diri karena warganya
terlalu banyak ngomong), tetapi
celakanya/ceritanya desa tersebut sangat sering dilanda banjir. Tentunya banjir tidak pernah
bisa kompromi terhadap siapapun, termasuk pada warga yang sedang melaksanakan
tapa bisu.
Karena hal itu, warga desa berfikir siang-malam sampai berganti siang lagi, untuk membuat sebuah alat yang dapat memperingatkan
adanya bahaya banjir tanpa membatalkan tapa bisunya (berteriak,
berbisik, dan sejenisnya contoh yang dapat membatalkan tapa).
Namun walaupun mereka berfikir dengan
keras, alat yang diinginkannya masih belum terbayangkan wujudnya.
Otong Eon alumni
teladan sebuah SD
Negeri Prigel Nalaktax dari desa
tersebut, ingin mengaplikasikan hasil kunjungannya ke kota besar pada alat yang
diinginkan warga desa. Eon ingin menggunakan makna lampu perempatan jalan pada alat peringatan bahaya banjir. Eon hanya
tahu, nyala
lampu merah menyatakan harus berhenti menunggu kendaraan dari arah lain
lewat (jika memaksa lewat bahaya), nyala lampu kuning menyatakan hati-hati atau peringatan, sedangkan nyala lampu hijau
menyatakan giliran kendaraan kita boleh lewat (sudah aman, ……. sich).
Nach ………. menurut Anda, kira-kira bagaimana gagasan yang akan dilakukan oleh Otong Eon
untuk menolong warga desa tersebut ?
I. KRITERIA ALAT
Alat yang Anda buat harus
dapat digunakan oleh orang yang sedang melaksanakan tapa bisu untuk mengantisipasi datangnya bahaya banjir.
II. TUGAS
a.
Anda diminta
untuk merancang dan merakit alat yang akan digunakan warga desa untuk mengantisipasi datangnya bahaya banjir.
b.
Buatlah sketsa alat yang akan Anda
buat/rakit.
c.
Ajukan alat & bahan yang diperlukan kepada
pembimbing Anda.
d.
Tuliskan konsep-konsep IPA yang terkait
dengan alat yang telah Anda buat.
e.
Buatlah laporan tertulis cara merakit alat dan cara kerja alat.
f.
Buatlah Lembar Kerja Siswa ( LKS ) yang dapat
digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat IPA sederhana yang telah
Anda buat/rakit.
PERMASALAHAN 5
Siswa-siswa di SD Negeri Marahmay Nyaan telah belajar tentang prinsip
kerja berbagai alat listrik. Mereka terutama tertarik untuk mengetahui lebih
jauh bagaimana prinsip kerja dari kipas angin. Setelah dilakukan pengamatan
yang super cermat, mereka berkeyakinan bahwa komponen utama dari kipas angin
adalah motor listrik. Motor listrik inilah yang menggerakan baling-baling kipas
angin. Rasa ingin tahu mendorong Husein dkk
untuk membongkar satu motor listrik untuk mengetahui lebih jauh
bagian-bagiannya. Berdasarkan pengamatannya, Husein dkk mengetahui bahwa bagian
dari motor listrik antara lain adalah “anu dan itu”; artinya, motor listrik
baru dapat bekerja dengan baik jika “anu dan itu”nya ada.
Nach ………. Jika Anda juga akan membuat motor
listrik, coba diskusikan dalam kelompok kira-kira apa saja ”anu dan itu” yang dimaksud oleh Husein dkk?
I. KRITERIA ALAT
Rancangan alat yang Anda
buat harus dapat memutar baling-baling yang dipasangkan pada alat tersebut.
II. TUGAS
a.
Anda diminta
untuk merancang dan merakit motor listrik untuk menggerakkan
baling-baling.
b.
Gambarkan rancangan alat yang akan Anda
buat/rakit.
c.
Ajukan alat & bahan yang diperlukan kepada
pembimbing Anda.
d.
Tuliskan konsep-konsep IPA yang terkait
dengan alat yang telah Anda buat.
e.
Buatlah laporan tertulis cara merakit alat dan cara kerja alat.
f. Buatlah Lembar Kerja Siswa
(LKS) yang dapat digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat
IPA sederhana yang telah Anda buat/rakit.
PERMASALAHAN 6
Bang
Somad berprofesi sebagai pemburu atau tepatnya “penyetrum” sejenis ikan, lele,
belut, dan tentunya termasuk katak sawah. Daerah operasinya disekitar pesawahan
dan rawa-rawa di daerahnya yang masih luas. Saat beroperasi Bang Somad selalu melengkapi
darinya dengan kabel dan tombak kayu yang berujung logam. Kabel berfungsi untuk
mengalirkan arus listrik (hasil nyantol/minta tanpa ijin ke listrik PLN) ke
ujung logam yang akan ditusuk-tukannya ke air atau tanah lembab/rawa yang
dicurigainya berpenghuni hewan-hewan yang akan menjadi buruannya.
Tetapi Alhamdulillah,
Bang Somad sekarang sudah menghentikan profesinya tersebut karena ia ”super
trauma” pada kejadian yang hampir memakan korban asisten pemburunya. Dul Shokib,
sang asisten pemburu yang tupoksinya memunguti hewan yang “sock” karena disetrum,
ikut-ikut seperti hewan buruan (tepatnya kena setrum) oleh Bang Somad. Singkat
kata Dul Shokib pingsan di tempat, untung (biasa orang Indonesia apapun yang terjadi
selalu untung) masih bisa tertolong.
Berdasarkan olah TKP (tetapi hanya melibatkan RT dan Kades
setempat) disimpulkan bahwa Dul Shokib tersetrum, karena dia berada di tanah
berair ketika Bang Somad menancapkan tombak setrumnya. Berdasarkan kejadian
itulah Bang Somad menghentikan profesinya. Selanjutnya, Pak Kades mengeluarkan
maklumat larangan untuk segala bentuk profesi yang sejenis dengan profesi yang
pernah ditekuni oleh Bang Somad. Larangan tersebut disepakati oleh seluruh
masyarakat desanya, karena tindakan tersebut membahayakan manusia dan diyakinan
sebagai penyebab rusaknya ekosistem. Tepatnya, ekosistem dapat mengalami
kerusakkan oleh adanya aliran listrik (strum) yang dapat memusnahkan makhluk
hidup dalamnya. Dengan kata lain, “seanak-cucu-buyut” ikan, lele, belut, katak sawah, dan yang
organisma lainnya akan berpartisipasi mati (benar-benar tindakan sadis jika
terus dilakukan; untungnya Bang Somad sudah insyaf) jika ke habitatnya
dialirkan arus listrik (strum).
Coba pikirkan didalam kelompok anda,
alat apakah yang harus dibuat untuk mengetahui daya hantar listrik dalam zat
cair?
I. KRITERIA ALAT
Alat yang Anda buat harus
dapat digunakan untuk mengetahui daya hantar listrik dalam zat cair.
II. TUGAS
a.
Anda diminta
untuk merancang, kemudian merakit satu
alat yang dapat digunakan untuk mengetahui daya hantar listrik dalam zat
cair.
b.
Gambarkan rancangan alat yang akan Anda
buat/rakit.
c.
Ajukan alat & bahan yang diperlukan kepada
pembimbing Anda.
d.
Tuliskan konsep-konsep IPA yang terkait
dengan alat yang telah Anda buat.
e.
Buatlah laporan tertulis cara merakit alat dan cara kerja alat.
f. Buatlah Lembar Kerja Siswa
(LKS) yang dapat digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat
IPA sederhana yang telah Anda buat/rakit.
PERMASALAHAN 7
Sholehulyaqin
seorang siswa yang bercita-cita menjadi dokter. Di benaknya apa yang dilakukan
seorang dokter saat menangani seorang pasien betul-betul sangat mengagumkan. Hanya dengan menggunakan suatu alat sang dokter dapat mendiagnosis
penyakit pasien secara tepat.
Sholeh selain rajin
belajar, mempunyai hobi membuat berbagai kerajinan tangan. Berbekal
keterampilannya membuat kerajinan tangan, Sholeh ingin membuat suatu alat yang
sering digunakan oleh dokter saat mendiagnosis penyakit yang diderita pasien.
Sholeh telah mengumpulkan berbagai bahan yang akan digunakan untuk membuat alat
tersebut, tetapi dia masih ragu-ragu untuk memulainya.
Karena hal tersebut, anda diminta
berdiskusi dalam kelompok untuk membantu Sholeh dalam merancang dan membuatkan alat tersebut,
sehingga diperoleh hasil yang sebaik-baiknya.
I. KRITERIA ALAT
Alat rancangan dan buatan
anda harus dapat digunakan untuk mendeteksi detak jantung seseorang dengan
cukup jelas.
II. TUGAS
a.
Anda diminta
untuk merancang dan merakit alat tersebut dengan baik.
b.
Buatlah sketsa atau gambar alat yang
akan Anda buat/rakit.
c.
Ajukan alat & bahan yang diperlukan kepada
pembimbing Anda.
d.
Tuliskan konsep-konsep IPA yang terkait
dengan alat yang telah Anda buat.
e.
Buatlah laporan tertulis cara merakit alat dan cara kerja alat.
f. Buatlah Lembar Kerja Siswa
( LKS ) yang dapat digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat
IPA sederhana yang telah Anda buat/rakit.
PERMASALAHAN 8
Dulu
setiap pergantian pelajaran ditandai bunyi dentang bel. Dan tentunya bagi siswa
bunyi termerdu adalah bunyi dentang bel tanda berakhirnya seluruh pelajaran.
Sekarang peran bunyi dentang bel sudah tergeser digantikan oleh bunyi bel
elektronik. Pada awalnya gagasan bel listrik berdasarkan pada gejala
elektromagnetik atau peristiwa kemagnetan yang timbul karena adanya arus
listrik. Selanjutnya bel listrik yang berdasarkan pada gejala elektromagnetik mulai
berkurang seiring dengan semakin berkembangnya bel elektronik yang menggunakan
komponen elektronika.
Pak guru Indra ingin
menggunakan bel listrik yang berdasarkan pada gejala elektromagnetik dalam
pembelajaran yang berkaitan dengan elektromagnet, sayangnya sekolah tidak
memilikinya. Pak guru Indra berpikir untuk membuat lebih dulu bel listrik
tersebut; tetapi ia agak ragu untuk memulainya karena lupa gambar alatnya.
Dengan senang hati pak guru indra
mengangkat Anda sebagai mitra, konsultan, penasihat, atau apapun istilahnya
untuk mewujudkan alat yang diinginkannya tersebut.
I. KRITERIA ALAT
Kinerja alat yang Anda buat
harus menghasilkan bunyi dan menunjukkan gejala elektromagnet dengan jelas.
II. TUGAS
a.
Anda diminta
untuk merancang dan merakit alat tersebut dengan baik dan rapi
b.
Buatlah sketsa alat yang akan Anda
buat/rakit.
c.
Ajukan alat & bahan yang diperlukan kepada
pembimbing Anda.
d.
Tuliskan konsep-konsep IPA yang terkait
dengan alat yang telah Anda buat.
e.
Buatlah laporan tertulis cara merakit alat dan cara kerja alat.
f. Buatlah Lembar Kerja Siswa
(LKS) yang dapat digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat
IPA sederhana yang telah Anda buat/rakit.
PERMASALAHAN 9
Hadi
telah mempelajari materi pelajaran yang berkaitan dengan energi dan
perubahannya. Konsep yang diterima dari gurunya tentang energi antara lain,
energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk energi lainnya. Contohnya
energi listrik dapat berubah menjadi energi cahaya, energi panas, atau energi
gerak.
Hadi dan
kawan-kawannya sangat ingin membuat alat yang dapat menunjukkan semua hal yang
berkaitan dengan perubahan energi. Mereka searching dari internet, bertanya,
berdiskusi, serta mewawancarai orang yang dianggap lebih tahu untuk mewujudkan
alat tersebut. Berbagai informasi, arahan, dan hasil diskusi dikonsultasikan
kepada gurunya.
Nach ………., jika Anda dianggap sebagai
pakar dan ingin berkontribusi untuk membantunya, bagaimanakah bentuk akhir dari
alat yang akan anda sarankan kepada Hadi dan kawan-kawan?
I. KRITERIA ALAT
Alat yang Anda buat harus
dapat menunjukkan adanya perubahan energi dengan jelas dan mudah difahami oleh
siswa.
II. TUGAS
a.
Anda diminta
untuk merancang dan merakit alat perubahan energi untuk Hadi dan
kawan-kawannya.
b.
Buatlah sketsa atau rancangan alat yang
akan Anda buat/rakit.
c.
Ajukan alat & bahan yang diperlukan kepada
pembimbing Anda.
d.
Tuliskan konsep-konsep IPA yang terkait
dengan alat yang telah Anda buat.
e.
Buatlah laporan tertulis cara merakit alat dan cara kerja alat.
f.
Buatlah Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dapat
digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat IPA sederhana yang telah
Anda buat/rakit.
PERMASALAHAN 10
Setiap
makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang sama; yaitu dapat bergerak, bernafas,
memiliki kepekaan terhadap rangsang, dan dapat berkembang biak. Santi tertarik
dengan salah satu ciri yang dimiliki makhluk hidup, yaitu bernafas. Santi ingin
mengetahui lebih jauh berapa banyak oksigen yang diperlukan oleh makhluk hidup
untuk bernafas. Untuk menjawab rasa ingin tahunya, Santi ingin membuat suatu
alat untuk menyelidikinya.
Santi berfikir untuk mengajak
Sinta, Santo, Siti, dan Suti untuk membuat alat tersebut. Mereka menyiapkan
alat dan bahan yang diperlukan sesuai dengan gambar yang diperolehnya dari
suatu literatur yang telah dibacanya.
Jika kelompok anda dimintai saran oleh
kelompok 5S, bagaimanakah bentuk alat yang akan anda sarankan?
I. KRITERIA ALAT
Alat yang Anda buat harus
dapat digunakan untuk menyelidiki penggunaan oksigen ketika bernafas oleh suatu
makhluk hidup.
II. TUGAS
a.
Anda diminta
untuk merancang dan merakit alat yang diingikan oleh Santi Cs.
b.
Gambarkan rancangan alat yang akan Anda
buat/rakit.
c.
Ajukan alat & bahan yang diperlukan kepada
pembimbing Anda.
d.
Tuliskan konsep-konsep IPA yang terkait
dengan alat yang telah Anda buat.
e.
Buatlah laporan tertulis cara merakit alat dan cara kerja alat.
f. Buatlah Lembar Kerja Siswa
(LKS) yang dapat digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat
IPA sederhana yang telah Anda buat/rakit.
PERMASALAHAN 11
“Anak-anak pernahkah kalian berenang?” Tanya guru
pada siswanya.
“Pernah pak, setiap minggu pak, sering pak” jawab
siswa serentak.
“Senangkah kalian saat berenang?” Tanya guru
“Senang pak, dingin pak, sambil main lempar bola pak,
si Anto bisa menyelam pak” jawab siswa.
“Anto, adakah
yang ingin kamu ceritakan saat berenang? Tanya guru
“Ih bapak nanya terus, padahal kami ingin diberi
kesempatan untuk bertanya” sahut Anto.
Guru tertegun sesaat,…. “Okey kalau begitu, silahkan
bertanya; tetapi bapak minta pertanyaannya yang berkaitan dengan pengalaman kalian
saat berenang” jawab guru.
“Setuju, anak-anak” sambung guru tersebut.
“Setujuuuuuu” sahut siswa serentak.
“Silahkan siapa yang mau bertanya?” kata guru.
“Saya pak, saya pak,……… “ suara siswa berebut.
“Yang mau bertanya unjuk jari, nanti bapak tunjuk”
jawab guru.
Selanjutnya :
“Pak, Bapak suka berenang juga?, Berenangnya dimana
pak?” Tanya anak pertama.
“Pak, apa sebabnya kalau berenang badan merasa
dingin? Tanya anak kedua.
“Pak, apa sebabnya bola yang dilempar ke air tidak
menggelinding? Tanya anak ketiga.
“Pak, saat menyelam apa sebabnya semakin kedalam kok
semakin susah?” Tanya Anto
“Terus apa sebabnya dada kita terasa sesak saat
menyelam?” Lanjut Anto.
“Pak, dapatkah kita terus berenang semakin dalam?
Tanya siswa lainnya.
“Apa yang akan terjadi jika kita berenang semakin
dalam? Tanya siswa lainnya lagi.
“Adakah alat untuk menyelidikinya? Apa nama alatnya?
Tanya siswa berikutnya.
“Dapatkah bapak membuatkan alat untuk menyelidiki
saat berenang? Tanya siswa berikutnya lagi.
…… dan seterusnya, dan masih banya pertanyaan siswa
lainnya.
(Sang guru bangga
sekaligus teler atas berondongan pertanyaan siswa-siswanya. Dalam hatinya, sang
guru bergumam, siswa-siswaku mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi; tetapi
nampaknya mereka juga ingin balas dendam karena biasanya akulah banyak bertanya
kepada siswa.)
Berdasarkan pembelajaran
diatas kira-kira alat apakah yang dapat anda buat untuk menyelidiki pertanyaan
Anto dan siswa lainnya?
I. KRITERIA ALAT
Alat yang Anda buat harus
dapat digunakan untuk menyelidiki/menunjukkan adanya perbedaan tekanan pada
setiap kedalaman.
II. TUGAS
a.
Anda diminta
untuk merancang dan merakit alat yang akan digunakan untuk menyelidiki
tekanan pad suatu kedalaman.
b.
Gambarkan rancangan alat yang akan Anda
buat/rakit.
c.
Ajukan alat & bahan yang diperlukan kepada
pembimbing Anda.
d.
Tuliskan konsep-konsep IPA yang terkait
dengan alat yang telah Anda buat.
e.
Buatlah laporan tertulis cara merakit alat dan cara kerja alat.
f. Buatlah Lembar Kerja Siswa
( LKS ) yang dapat digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat
IPA sederhana yang telah Anda buat/rakit.
PERMASALAHAN 12
Sebenarnya,
samakah berat dengan massa? Ketika kita membeli 1 karung beras atau 1 kg gula,
yang diitimbang itu beratnya atau massanya? Masih banyak pertanyaan lain yang
berkaitan dengen berat dan massa.
Berat dan massa merupakan
besaran fisika yang berbeda satu dengan yang lain. Memang, dalam kehidupan
sehari-hari berat dianggap sama dengan massa. Jadi, berat dan massa boleh saja dianggap
sama dalam kehidupan sehari-hari. Tegasnya tidak apa-apa alias tidak masaalah;
tetapi ketika kita belajar IPA, berat dan massa harus dibedakan. Kalau berat
dan massa dianggap sama pada saat belajar IPA, itu bisa jadi masalah; bahkan bisa jadi MASALAH BESAR. Gampang sih
jika dilihat satuannya, berat satuannya newton sedangkan massa satuannya kilogram.
Berat dipengaruhi oleh percepatan gravitasi dimana benda itu ditimbang;
sedangkan massa tidak dipengaruhi gravitasi. Jadi sebenarnya timbangan yang ada
di pasar adalah untuk mengukur massa benda.
Pak Yana dengan
siswa-siswanya ingin menimbang beberapa benda untuk mengetahui massanya. Keinginan
Pak Yana, setiap anak dapat menimbang sendiri setiap benda yang akan diukur
massanya. Tetapi, sekolah hanya memiliki satu buah timbangan saja.
Nach ………. Diskusikan dalam kelompok
bagaimanakah cara untuk mengatasi keingian dari Pak Yana? Jika Anda akan
membuatkan timbangan untuk Pak Yana, bagaimanakah bentuk timbangan yang akan
anda buat?
I. KRITERIA ALAT
Kapasitas timbangan yang anda
buat harus dapat digunakan untuk menimbang massa benda sekitar 250 gram.
II. TUGAS
a.
Anda diminta
untuk merancang dan merakit timbangan sesuai kapasitas yang diinginkan.
b.
Gambarkan rancangan alat yang akan Anda
buat/rakit.
c.
Ajukan alat & bahan yang diperlukan kepada
pembimbing Anda.
d.
Tuliskan konsep-konsep IPA yang terkait
dengan alat yang telah Anda buat.
e.
Buatlah laporan tertulis cara merakit alat dan cara kerja alat.
f.
Buatlah Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dapat
digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat IPA sederhana yang telah
Anda buat/rakit.
PERMASALAHAN 13
Benda
ada yang dapat menghantarkan arus listrik, ada juga yang tidak dapat
menghantarkan arus listrik. Benda yang dapat menghantarkan arus listrik
dinamakan konduktor; sedangkan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik
dinamakan isolator.
Aang, Iing, Eeng, Uung,
dan Oong ingin menyelidiki daya hantar listrik pada setiap benda. Mereka
berfikir untuk membuat alat sederhana yang dapat digunakan untuk
menyelidikinya. Sesungguhnyalah mereka hanya sekedar ingin, tetapi tidak tahu
bagaimana bentuk dan cara membuat alat yang diingikannya.
Selamat............., anda sebagai guru yang
sedang mengikuti diklat, diminta berdiskusi dalam kelompok untuk membantu
mereka mewujudkan alat yang diinginkan mereka.
I. KRITERIA ALAT
Alat yang Anda buat harus
dapat digunakan untuk menentukan benda yang termsuk konduktor dan isolator
secara jelas, tepat, akurat, tanpa ada keraguan sedikitpun.
II. TUGAS
a.
Anda diminta
untuk merancang dan merakit alat yang akan digunakan oleh Aang, Iing,
Eeng, Uung, dan Oong
b.
Gambarkan rancangan alat yang akan Anda
buat/rakit.
c.
Ajukan alat & bahan yang diperlukan kepada
pembimbing Anda.
d.
Tuliskan konsep-konsep IPA yang terkait
dengan alat yang telah Anda buat.
e.
Buatlah laporan tertulis cara merakit alat dan cara kerja alat.
f.
Buatlah Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dapat
digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat IPA sederhana yang telah
Anda buat/rakit.
Bandung, 12 Juni 2015
0 komentar: