PERANCANGAN PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN KURIKULUM 2013
K13 - Perubahan pada proses
pembelajaran kurikulum 2013 mencakup: a) berorientasi pada karakteristik
kompetensi yang mencakup: 1) sikap (Krathwohl): menerima, menjalankan,
menghargai, menghayati, dan mengamalkan, 2) keterampilan (Dyers): mengamati,
menanya, mencoba, menalar, menyajikan, dan mencipta, dan 3) pengetahuan (Bloom
& Anderson): mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi,
dan mencipta; b) menggunakan pendekatan saintifik, karakteristik kompetensi
sesuai jenjang. c) mengutamakanDiscovery Learning dan Project Based Learning.
Penilaian
hasil belajar mencakup seluruh aspek kompetensi, bersifat formatif dan hasilnya
segera diikuti dengan pembelajaran remedial untuk memastikan penguasaan
kompetensi pada tingkat memuaskan. Perubahan pada penilaian mencakup: penilaian
berbasis tes dan nontes (portofolio), cara menilai proses dan output dengan
menggunakan penilaian autentik, dan rapor memuat penilaian kuantitatif tentang
pengetahuan dan deskripsi kualitatif tentang sikap dan keterampilan.
Pada
materi pelatihan ini Anda mempelajari penerapan model-model pembelajaran dan
perancangan penilaian yang baik dengan cara
berlatih menyusun contoh proses pembelajaran, mengembangakan instrumen
penilaian menggunakan berbagai model pembelajaran sesuai Kurikulum 2013 dan
mengolah nilai untuk rapor.
Kompetensi yang
Dicapai
1. Terampil menerapkan
pendekatan saintifik pada pembelajaran
2.
Terampil menerapkan model Project Based Learning, Problem
Based Learning, dan Discovery
Learning padapembelajaran
3.
Memiliki keterampilan merancang instrumen
penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan
4. Memahami
pengolahan dan pelaporan hasil penilaian
proses dan hasil belajar
Indikator
1.
Merancang contoh penerapan
pendekatan saintifikpada pembelajaran IPA.
2.
Membuat contoh penerapan model
–model pembelajaranpada pembelajaran IPA
3. Mengidentifikasi kaidah-kaidah perancangan penilaian
4. Merancang
instrumen penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan pada pembelajaran IPA
5.
Mengolah
hasil penilaian proses dan hasil belajar ke dalam laporan hasil belajar.
Langkah
Kegiatan
1. Perancangan Pembelajaran
Kerja Kelompokmenelaah HO contoh
penerapan model pembelajaran
|
Kerja kelompok menyusun contoh model
pembelajaran
|
Presentasi
hasil kerja kelompok dan dikomentarioleh kelompok lain
|
Penyimpulan hasil diskusi kelompok
dan rangkuman hasil
|
2.
Perancangan Penilaian
Diskusi kelompok perancangan
penilaian sikap, pengetahuan, keterampilan
|
Kerja Kelompokmenyusun contoh
instrumen penilaian yang baik
|
Presentasi
hasil kerja kelompok dan dikomentarioleh kelompok lain
|
Penyimpulan hasil diskusi kelompok
dan rangkuman hasil
|
3.
Pelaporan Hasil Penilaian
Diskusi kelompok pengolahan hasil
penilaian
|
Kerja Kelompokmenyusun contoh
laporan hasil penilaian
|
Presentasi
hasil kerja kelompok dan dikomentarioleh kelompok lain
|
Penyimpulan hasil diskusi kelompok
dan rangkuman hasil
|
Kegiatan
diskusi menggunakan :
LK -
3.1a Perancangan PenerapanPendekatan Saintifik pada Pembelajaran IPA
LK -3.1.bPerancangan
Penerapan Model-Model pada Pembelajaran IPA
LK -3.2 Perancangan
Penilaian dalam Pembelajaran
LK-3.3 Pengolahan dan
Pelaporan Hasil Penilaian untuk Rapor pada Mapel IPA
0 komentar: