K13 - Buku
guru dan buku siswa merupakan salah satu sarana iImplementasiKurikulum Tahun
2013 dalam pembelajaran. Buku guru dan buku siswa telah disiapkan
Pemerintah sesuai dengan Permendikbud no 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks
Pelajaran (Buku Siswa) dan Buku Panduan Guru (Buku Guru).
Buku
Guru merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang meliputi persiapan, pelaksanaan dan
penilaian serta pedoman penggunaan buku siswa. Buku guru terdiri dari dua
bagian, yaitu petunjuk umum pembelajaran dan petunjuk khusus pelaksanaan
pembelajaran pada setiap bab sesuai dengan
buku siswa.
Buku
siswa merupakan buku sumber belajar bagi siswa/peserta didik yang memuat: Judul
bab, informasi kompetensi dasar yang sesuai dengan topik pada setiap bab. Pada
setiap bab dilengkapi dengan peta konsep, pengantar, bagian kegiatan peserta
didik baik ekperimen maupun non eksperimen atau diskusi, latihan soal,
rangkuman, evaluasi, dan tugas bagi
peserta didik.
Pada
materi pelatihan ini Anda mempelajari telaah dan analisis buku guru dan buku
siswa terhadap kesesuaian dengan SKL, KI, dan KD; kecukupan dan kedalaman
materi; dan kesesuaian pendekatan pembelajaran dan penilaian.
Kompetensi yang
Dicapai
1. Memahami
isi materi, struktur, dan sistematika keilmuan materi pelajaran ,
strategi pembelajaran dan penilaian pada buku siswa dan buku guru
2.
Menganalisis
kesesuaian isi buku siswa dan buku guru dengan tuntutan SKL, KI, dan KD.
3.
Mendeskripsikan kesesuaian isi buku siswa dan buku guru dengan
pendekatan saintifik, standar proses
dan standar penilaian
4.
Mendeskripsikan buku guru dan buku siswa dari aspek kecukupan
dan kedalaman materi.
5.
Memahami
strategi penggunaan buku guru dan buku siswa pada perencanaan dan
pelaksanaan pembelajaran
Indikator
1.
Menjelaskan isi materi, struktur, dan sistematika
keilmuan materi pelajaran dan penilaian
yang terdapat dalam buku siswa
2.
Menjelaskan isi materi, struktur, strategi pelajaran dan
penilaiannya yang terdapat dalam buku guru
3.
Mengidentifikasi
kesesuaian isi buku siswa dan buku guru dengan tuntutan SKL, KI, dan KD.
4.
Menjelaskan alas
an hasil identifikasi kesesuaian buku siswa dan buku guru
dengan tuntutan SKL, KI, dan KD
5.
Menganalisis
kesesuaian isi buku siswa
dengan pendekatan saintifik, standar
proses dan standar penilaian
6.
Menganalisis
kesesuaian isi buku guru dengan
pendekatan saintifik, standar proses
dan standar penilaian
7. Menjelaskan kecukupan dan kedalaman
materi pada buku guru dan buku siswa
8.
Menjelaskan
kesesuaian isi buku guru dengan buku siswa
9.
Memberikan
rekomendasi penggunaan buku guru atau buku siswa berdasarkan hasil analisis.
Langkah
Kegiatan Analisis Buku
Dalam kelompok
mengkaji isi materi struktur, dan pola pikir keilmuan dalam buku guru dan
buku siswa
|
Menganalisis isi
buku guru (LK-2.1) dan buku siswa (LK-2.2)
|
Mendiskusikan
hasil analisis buku guru dan buku
siswa dalam kesesuaiannya dengan
pendekatan saintifik dan standar proses
|
Presentasi hasil analisis buku gurudan buku siswa
|
Mendiskusikan
hasil analisis untuk membuat
rekomendasi tentang penggunaan buku
guru dan buku siswa
|
Mendiskusikan
hasil analisis buku guru dan buku siswadalam kesesuaiannya dengan standar
penilaian
|
Kegiatan analisis
menggunakan LK - 2.1 untuk Analisis Buku Siswa, dan LK -2. 2 untuk Analisis
Buku Guru.
Lembar Kegiatan
|
BUKU GURU DAN BUKU SISWA
Buku guru dan buku siswa
merupakan salah satu sarana iImplementasiKurikulum Tahun 2013 dalam pembelajaran. Buku guru dan buku siswa telah disiapkan
Pemerintah sesuai dengan Permendikbud
no 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru.
A.
Buku Guru
Buku Guru merupakan pedoman bagi guru dalam
melaksanakan pembelajaran yang
meliputi persiapan, pelaksanaan dan penilaian serta pedoman penggunaan buku siswa.Buku guru terdiri dari dua
bagian, bagian pertama adalah petunjuk umum pembelajaran dan bagian
keduaberupa petunjuk khusus untuk pelaksanaan pembelajaran pada setiap bab
pada buku siswa.
Petunjuk umum pembelajaran berisi informasi tentangcakupan dan lingkup
materi pembelajaran, tujuan pembelajaran, strategi pembelajaran yang meliputi
pendekatan, model dan metode. Selanjutnya terdapatpenjelasan tentang media
dan sumber belajar serta
prinsip-prinsip penilaian pada pembelajaran.
Petunjuk khusus pembelajaran terdiri dari beberapa bab sesuai dengan
materi pada buku siswa. Umumnya
berisi informasi bagi guru untuk
persiapan pelaksanaan pembelajaran dan
penilaian pembelajaran pada bab tersebut.Pada umumnya bagian ini berisi :
peta konsep untuk materi pada bab ini, cakupan materi untuk tatap muka, KI
dan KD yang sesuai dengan materi,
alokasi waktu dan rincian materi setiap tatap muka. Selanjutnya pada
bagian ini terdapat uraian pembelajaran untuk setiap tatap muka, mulai dari
tujuan pembelajaran, alternatif kegiatan pembelajaran, sumber belajar dan
media pembelajaran. Bagian penilaian
berisi informasi tentang teknik dan bentuk penilaian oleh guru,
penilaian diri, penilaian antar peserta didik dan informasi pembahasan soal
pada buku siswa. Pada buku guru juga ada informasi bagaimana cara informasi
komunikasi dengan Orangtua/Wali.
B.
Buku Siswa
Buku
siswa merupakan buku sumber belajar bagi siswa/peserta didik yang memuat
hal-hal berikut, yaitu: Judul bab, infomasi kompetensi dasar yang sesuai
dengan topik pada setiap bab. Pada setiap bab dilengkapi dengan peta konsep,
pengantar, bagian kegiatan siswa baik ekperimen maupun non eksperimen atau
diskusi, latihan soal, rangkuman,
evaluasi, dan tugas bagi peserta didik.
Penggunaan
buku siswa oleh peserta didik disarankan dimulai dengan membaca dan mengkaji
bagian pengantar bab atau subbab, melakukan kegiatan-kegiatan yang tersedia,
mendiskusikan hasil kegiatan dan memverifikasi hasil diskusi dengan informasi
konsep yang ada di buku. Uraian materi lainnya merupakan bagian untuk
memperdalam pemahaman konsep dan diakhiri dengan soal-soal untuk menguji
pemahaman konsep secara individual.
Buku
guru dan buku siswa merupakan standar
minimal yang dapat dikembangkan jika guru merasa perlu mengembangkannya
sesuai dengan kondisi sekolah. Terutama yang berkaitan dengan kegiatan
pembelajaran, guru dapat menyesuaikan sesuai dengan alat dan bahan praktikum
atau media belajar yang tersedia di
sekolah atau model-model pembelajaran
yang dipilih guru. Untuk lebih
memahami isi buku guru dan buku siswa serta mengetahui hal-hal yang perlu
dikembangkan atau disesuaikan dengan keperluan implementasi kurikulum 2013
dalam pembelajaran, guru dapat melakukannya melalui kegiatan analisis buku
guru dan buku siswa sesuai dengan petunjuk dan format yang tersedia.
|
LK
2.1
|
PETUNJUK PENGISIAN FORMAT ANALISIS BUKU SISWA
TujuanKegiatan :Melalui kegiatan
analisis buku siswa peserta dapat
-
Mendeskripsikan isi buku siswa yang sesuai dengan kegiatan perencanaan
pembelajaran
-
Mendeskripsikan isi buku siswa yang sesuai dengan penilaian
proses dan hasil belajar
-
Menganalisis kesesuaian isi buku siswa dan
menentukan tindak lanjut berdasarkan
hasil analisis
Panduan kegiatan:
1.
Kerjakanlah secara berkelompok!
2.
Pelajari format Analisis Buku Siswa
3.
Siapkan SKL, KI dan KD sesuai jenjang
pendidikan dan mata pelajaran!
4.
Cermatilah
buku siswa yang berisi teks
materi pembelajaran dan informasi lainnya seperti kegiatan siswa dan evaluasi
5.
Lakukanlah analisis terhadap buku siswa
dan tuliskan hasil analisis pada kolom
yang tersedia pada format dengan cara:
-
mendeskripsikan secara singkat isi buku sesuai dengan aspek-aspek yang dianalisis
-
memberikan tanda cek ( √ ) pada kolom
kualifikasi kurang, cukup atau baik
-
menuliskan alasan Anda memilih kualifikasi
tersebut
-
Berdasarkan hasil analisis, tuliskan alasan
dan tindak lanjut hasil analisis ,
-
Jika kurang/tidak sesuai, Anda disarankan untuk memberikan rekomendasi
tindak lanjut yang harus dikerjakan guru sebagai pengguna buku siswa untuk
proses pembelajaran.
-
Jika sesuai dengan kebutuhan, buku bisa
digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran.
FORMAT ANALISIS BUKU SISWA
Judul
Buku :
.....................................................................................................
Kelas
: ....................................................................................................
Jenjang
:
.....................................................................................................
Topik :
.....................................................................................................
Komponen Buku
|
Deskripsi pada
buku
|
Kualifikasi
|
Alasan
|
Tindak lanjut
|
||
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
||||
A. Sistematika
|
||||||
Judul sesuai dengan KD yang harus dicapai
|
||||||
Urutan
sub topik /materi sesuai dengan KD dan
sistematika keilmuan
|
||||||
Komponen penilaian sesuai tuntutan penilaian autentik
|
||||||
B. Uraian Materi
|
||||||
Pendahuluan
bab memotivasi siswa untuk belajar
|
||||||
Cakupan
materi setiap sub topik/sub bab
memenuhi kebutuhan pencapaian KD
|
||||||
Kegiatan
pada buku memfasilitasi pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik
|
||||||
C. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
|
||||||
Penilaian Pengetahuan
|
||||||
Penilaian
Sikap
|
||||||
Penilaian
Keterampilan
|
||||||
Tugas
|
Deskripsi rekomendasi hasil analisis buku siswa
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
R-
2.1
|
RUBRIK PENILAIAN ANALISIS BUKU SISWA
Rubrik penilaian analisis buku siswadigunakan fasilitator untuk
menilai hasil analisis peserta pelatihan terhadap buku siswa sesuai dengan mata
pelajaran yang diampu
Langkah-langkah penilaian hasil analisis
1. Cermati
format penilaian analisis buku siswa serta
hasil analisis peserta yang akan
dinilai
2. Berikan nilai pada setiap komponen
sesuai dengan penilaian Anda terhadap hasil
analisis menggunakan rentang nilai sebagai berikut
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Amat Baik ( AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
Hasil analisis tepat, tindak lanjut
logis dan bisa dilaksanakan
|
Baik
(B)
|
80 < B ≤ 90
|
Hasil analisis tepat, tindak lanjut
kurang logis
|
Cukup (C)
|
70 < C ≤ 80
|
Hasil analisis kurang tepat, tindak
lanjut logis
|
Kurang (K)
|
≤ 70
|
Hasil analisis kurang tepat, tindak
lanjut tidak logis
|
3. Setelah selesai penilaian
masing-masing komponen, jumlahkan nilai seluruh komponen sehingga menghasilkan nilai hasil analisis buku siswa
LK-
2.2
|
PETUNJUK PENGISIAN FORMAT ANALISIS BUKU GURU
Kompetensi:
1.
Memahami isi buku guru sebagai panduan bagi
guru dalam pelaksanaan pembelajaran
2.
Merencanakan tindak lanjutberdasarkan hasil analisis buku untuk persiapan pembelajaran.
Tujuan: Melalui kegiatan analisis buku
guru peserta dapat
-
Mendeskripsikan isi buku guru yang
sesuai dengan kegiatan perencanaan pembelajaran
-
Mendeskripsikan isi buku guru yang sesuai dengan penilaian proses
dan hasil belajar
-
Menganalisis kesesuaian isi buku guru dan
menentukan tindak lanjut berdasarkan
hasil analisis
Panduan kegiatan:
1.
Kerjakanlah secara berkelompok!
2.
Pelajari format Analisis Buku Guru
3.
Siapkan SKL, KI dan KD sesuai jenjang
pendidikan dan mata pelajaran!
4.
Cermatilah
buku guru yang berisi strategi
penyajian pembelajaran dan informasi lainnya
5.
Lakukanlah analisis terhadap buku guru
dan tuliskan hasil analisis pada kolom
yang tersedia pada format dengan cara:
-
mendeskripsikan secara singkat isi buku sesuai dengan aspek kegiatan guru
-
memberikan tanda cek ( √ ) pada kolom
kualifikasi kurang, cukup atau baik
-
menuliskan alas an Anda memilih kualifikasi
tersebut
6.
Berdasarkan hasil analisis, tuliskan tindak
lanjut hasil analisis ,
Jika
kurang/tidak sesuai, Anda disarankan
untuk memberikan rekomendasi tindak lanjut yang harus dikerjakan guru sebagai
pengguna buku guru tersebut. Jika sesuai
dengan kebutuhan, buku dapat digunakan sebagai pedoman dalam pembelajaran.
7.
Setelah melakukan analisis buku guru dan buku
siswa diskusikan bagaimana keterkaitan antara buku guru dan buku siswa yang
Anda analisis.
FORMAT ANALISIS BUKU GURU
Judul Buku :
.....................................................................................................
Kelas :
....................................................................................................
Jenjang :
.....................................................................................................
Topik : .....................................................................................................
Kegiatan Guru
|
Isi buku yang
relevan dengan kegiatan guru
|
Kualifikasi
|
Alasan
|
Tindak lanjut
|
||
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
||||
A. Perencanaan
Pembelajaran
|
||||||
Menentukan
KI dan KD yang berkaitan
|
||||||
Menentukan
alokasi waktu
|
||||||
Merumuskan
indikator
|
||||||
Merumuskan
tujuan pembelajaran
|
||||||
Menentukan
cakupan materi pembelajaran
|
||||||
Menentukan
pendekatan
|
||||||
Menentukan
model
|
||||||
Menentukan
strategi
|
||||||
Menentukan
metode
|
||||||
Menentukan
media, sumber dan alat
|
||||||
Mendeskripsikan
langkah pembelajaran sesuai dengan pendekatan, model, dan
metode
|
||||||
B. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
|
||||||
Menilai
Pengetahuan
-
Contoh instrumen
-
Pembahasan
|
||||||
Menilai
Sikap
-
Contoh instrumen
-
Rubrik
|
||||||
Menilai
Keterampilan
-
Contoh instrumen
-
Rubrik
|
||||||
Portofolio
|
||||||
Penilaian
Diri
|
||||||
Penilaian
Antar Teman
|
||||||
Informasi
Pengayaan Belajar
|
||||||
Informasikan
hubungan guru dan Orang tua
|
Deskripsi rekomendasi hasil
analisis buku guru
................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
|
R -
2.2
|
RUBRIK PENILAIAN ANALISIS BUKU GURU
Rubrik penilaian analisis buku guru digunakan fasilitator untuk
menilai hasil analisis peserta pelatihan terhadap buku guru sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
Langkah-langkah penilaian hasil analisis
1. Cermati
format penilaian analisis buku guru
serta hasil analisis peserta yang akan dinilai
2. Berikan nilai pada setiap komponen
sesuai dengan penilaian Anda terhadap hasil
analisis menggunakan rentang nilai sebagai berikut
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Amat Baik ( AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
Hasil analisis tepat, tindak lanjut
logis dan bisa dilaksanakan
|
Baik
(B)
|
80 < B ≤ 90
|
Hasil analisis tepat, tindak lanjut
kurang logis
|
Cukup (C)
|
70 < C ≤ 80
|
Hasil analisis kurang tepat, tindak
lanjut logis
|
Kurang (K)
|
≤ 70
|
Hasil analisis kurang tepat, tindak
lanjut tidak logis
|
3. Setelah selesai penilaian
masing-masing komponen, jumlahkan nilai seluruh komponen sehingga menghasilkan nilai hasil analisis buku guru
0 komentar: