K13 - Kurikulum merupakan salah satu unsur yang memberikan
kontribusi untuk mewujudkan proses berkembangnya kualitas potensi peserta didik
tersebut. Kurikulum 2013 dikembangkan berbasis pada kompetensi sangat
diperlukan sebagai instrumen untuk mengarahkan peserta didik menjadi: (1)
manusia berkualitas yang mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang
selalu berubah; (2) manusia terdidik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri; dan
(3) warga negara yang demokratis, bertanggung jawab.
Pada materi pelatihan ini Anda dapat mempelajari konsep
kurikulum 2013 yang meliputi rasional
dan elemen perubahan kurikulum, SKL, KI dan KD serta strategi implementasi
Kurikulum 2013 serta pendekatan pembelajaran dan penilaian pada Kurikulum 2013.
Kompetensi yang
dicapai
1.
Memahami secara utuh rasional dan
elemen perubahan Kurikulum 2013.
2.
Memahami SKL, KI, dan KD serta
strategi implementasi Kurikulum 2013.
3.
Mendeskripsikan konsep pendekatan
saintifik dalam pembelajaran IPA.
4.
Mendeskripsikan konsep penilaian
autentik pada proses dan hasil belajar.
Indikator
1.
Menjelaskan rasional pengembangan
Kurikulum 2013 dalam kaitannya dengan perkembangan masa depan
2.
Menjelaskan empat elemen perubahan
Kurikulum 2013 yang mencakup: SKL, SI, Standar Proses, dan Standar Penilaian.
3.
Menjelaskan keterkaitan antara
SKL, KI, dan KD.
4.
Mengidentifikasi strategi implementasi Kurikulum 2013.
5.
Menjelaskan konsep pendekatan
saintifik
6.
Menjelaskan konsep model-model
pembelajaran (PBL, PJBL, , DL)
7.
Menjelaskan konsep penilaian
autentik pada proses dan hasil belajar.
Langkah
Kegiatan
Tanya jawab tentang Kurikulum 2013
dan implementasi-nya di sekolah
|
Mengamati tayangan video cuplikan
contoh pembelajaran Kurikulum 2013
|
Diskusi kelompok
tentang rasional dan
perubahan pada Kurikulum 2013
yang meliputi SKL,KI,KD, pendekatan, model dan penilaian pembelajaran
|
Presentasi hasil diskusi kelompok dan
tanyajawab dengan kelompok lain; dan
Penyimpulan hasil diskusi tentang Konsep Kurikulum
|
0 komentar: